Perkuat Dukungan Operasional Perbatasan, Kini Lantamal IV Pindah ke Batam

Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut IV (Lantamal IV) Laksma TNI Kemas M. Ikhwan berpoto bersama tokoh masyarakat dan Wali kota Batam di atas kapal TNI AL
Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut IV (Lantamal IV) Laksma TNI Kemas M. Ikhwan berpoto bersama tokoh masyarakat dan Wali kota Batam di atas kapal TNI AL

Gemapos.ID (Jakarta) - Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut IV (Lantamal IV) Laksma TNI Kemas M. Ikhwan mengatakan, kepindahan markas komando ke Batam bisa memperkuat dukungan operasional di wilayah perbatasan.

“Lantamal IV baru saja bergeser ke Batam, yang sebelumnya berada di Tanjungpinang. Dengan adanya Lantamal IV di sini, dukungan operasional akan lebih baik, karena akan semakin mendekat ke wilayah perbatasan,” ujar Kemas di Batam, Kepulauan Riau, Rabu (9/11).

Markas Komando Lantamal IV di Batam ini, sebelumnya ditempati oleh Lanal (Pangkalan TNI AL) Batam. “Untuk Lanal Batam bergeser ke Tanjung Uban, dengan nama Lanal Bintan,” kata dia.

Kemas menjelaskan, Lantamal IV ini sendiri saat ini sudah mulai beroperasi di Batam, namun belum dilakukan peresmian.

“Nanti peresmiannya tanggal 4 Desember, satu hari sebelum peringatan hari Armada,” ucapnya.

Dengan adanya markas Lantamal IV di Batam, di berharap dapat memberikan manfaat yang besar kepada masyarakat.

Menanggapi itu, Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad menyambut baik kepindahan markas komando Lantamal IV ke Batam.

Menurutnya dengan kehadiran Lantamal IV di Batam, bisa memperkuat pengamanan di wilayah perairan yang ada di Kota Batam.

Misalnya seperti upaya pengiriman calon pekerja migran secara ilegal, penangkapan ikan secara ilegal, dan tindakan hukum lainnya yang melanggar kedaulatan di perbatasan.

“Memang diperlukan kekuatan segenap pemangku kepentingan di daerah, mengingat posisi Batam yang sangat strategis karena berbatasan langsung dengan Singapura,” kata dia.(pu)