Realisasi Energi Terbarukan, MRT dan PLN Resmikan Stasiun Listrik Surya di Dukuh Atas

Tempat pengecasan untuk handphone menggunakan tenaga surya
Tempat pengecasan untuk handphone menggunakan tenaga surya

Gemapos.ID (Jakarta) - Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT MRT Jakarta meresmikan stasiun pengisian listrik tenaga surya (solar charging station) melalui penggunaan energi terbarukan Renewable Energi Certificate  PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) di kawasan berorientasi transit (TOD) Dukuh Atas, Terowongan Kendal, Jakarta Pusat.

"Yang tersaji pada acara hari ini, yang pertama yaitu solar charging station dan penyediaan listrik terbarukan melalui Renewable Energi Certificate PT perusahaan listrik negara (PLN)," kata Direktur Pengembangan Bisnis MRT Farchad Mahfud saat sosialisasi di TOD Dukuh Atas, Jakarta Pusat, Rabu (9/11).

Farchad mengatakan salah satu upaya untuk mendorong pertumbuhan ekonomi PT MRT Jakarta dengan menghadirkan pelayanan yang baik bagi masyarakat melalui peningkatan mobilitas, pengurangan kemacetan, dan pengembangan sistem transit perkotaan.

"Pengurangan kemacetan menjadi salah satu bentuk pelayanan yang berdampak dan secara tidak langsung berupa pengurangan emisi karbon, di mana hal tersebut sejalan dengan target pemerintahan provinsi DKI Jakarta untuk mengurangi emisi gas rumah kaca (green house emission) sebesar 30 persen di 2030 serta 100 persen netralitas karbon atau  net zero emission (NEZ) di 2050," ungkapnya.

Dalam hal ini, Farchad juga mengungkapkan, dengan adanya penyediaan charging station merupakan salah satu bentuk inovasi untuk Jakarta dalam memperkuat ekosistem publik dan area kawasan berorientasi transit yang ramah lingkungan.

Di tempat yang sama, General Manager PLN Unit Distribusi Jakarta Raya Doddy Pangaribuan mengatakan PLN dan PT MRT Jakarta sepakat untuk menyediakan stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU).

"Disini kita menyediakan tempat pengecasan untuk handphone, kendaraan roda dua dan tempat penukaran baterai kendaraan listrik umum bahkan SPKLU yang saat ini semakin banyak kebutuhan nya," ujar General Manager PLN Unit Distribusi Jakarta Raya Doddy Pangaribuan.

Doddy menjelaskan sesuai dengan amanat dari pemerintah lewat Peraturan Presiden Nomor 55 tahun 2019 PLN menjadi pemimpin di dalam transisi energi di dalam transisi kendaraan berbahan bakar bensin ke berbahan bakar listrik.

"Penggunaan kendaraan listrik ini memang bukan hanya sekedar tren, tapi juga semua perubahan pemikiran energi era terbarukan (EBT)," imbuhnya.(ri)