Dipromosikan Jadi Pangdam V/Brawijaya, Ini Profil Jenderal Farid Makruf

Mayor Jenderal TNI Farid Makruf, M.A.
Mayor Jenderal TNI Farid Makruf, M.A.

Gemapos.ID (Jakarta) - Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa telah mempromosikan Wakil Inspektorat Jenderal (Wairjen) TNI Mayor Jenderal Farid Makruf menjadi Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) V/Brawijaya.

Promosi jabatan tersebut tertuang dalam surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/1122/XI/2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan TNI, tertanggal 4 November 2022.

Dalam surat keputusan tersebut, total terdapat 130 perwira menengah dan perwira tinggi yang dipromosikan dan dimutasi oleh Andika.

Mulai saat ini, Farid akan menggantikan Pangdam Brawijaya sebelumnya, Mayor Jenderal Nurchahyanto yang ditarik ke Markas Besar TNI Angkatan Darat dalam rangka pensiun.

Farid merupakan abituren Akademi Militer (Akmil) tahun 1991 dari kecabangan infanteri. Berbagai jabatan di lingkungan TNI pernah ia emban, apa sajakah itu? Mari kita simak profil singkat Mayor Jenderal TNI Farid Makruf, M.A. yang telah di percaya menjadi Pangdam V/Brawijaya.

Ia pernah menjadi Komandan Komando Resor Militer 132/Tadulako yang berada di bawah naungan Komando Daerah Militer XIII/Merdeka.

Kemudian, Farid juga pernah menjabat sebagai pucuk pimpinan di satuan ini sejak 2020 hingga 2021. Saat mengemban jabatan ini, pria kelahiran Madura, 6 Juli 1969 itu berpangkat brigadir jenderal (brigjen) atau perwira tinggi bintang satu. 

Di medan penugasan inilah, namanya mulai melambung dan dikenal publik. Hal ini tak lepas karena ia menjadi salah satu perwira tinggi TNI Angkatan Darat yang dikenal sebagai pemburu sisa-sisa anggota Mujahiddin Indonesia Timur (MIT) Poso.

Dikutip dari kompas.com, Farid ternyata turun tangan langsung ke lapangan bersama anak buahnya untuk mengejar Ali Kalora cs. Setelah berpetualang di Poso, Farid kemudian mendapat promosi menjadi Direktur Pendidikan dan Latihan (Dirdiklat) Pusat Teritorial Angkatan Darat (Pusterad) pada 2021-2022.

Pada 2022, ia kemudian dipromosikan lagi menjadi Wairjen TNI. Jabatan ini ia emban hingga saat ini. Sementara, jabatan Farid sebagai Pangdam Brawijaya tinggal menunggu serah terima jabatan (sertijab).(ri)