Legislator Minta PT Freeport Indonesia Dukung Pengembangan Wisata di Timika

Anggota Komisi VI DPR Evita Nursanty saat pertemuan Tim Kunker Reses Komisi VI DPR di Timika, Sabtu (29/10/2022)
Anggota Komisi VI DPR Evita Nursanty saat pertemuan Tim Kunker Reses Komisi VI DPR di Timika, Sabtu (29/10/2022)

Gemapos.ID (Jakarta) - Anggota Komisi VI DPR Evita Nursanty meminta PT Freeport Indonesia membantu Pemerintah Daerah untuk mengembangkan potensi wisata Papua, khususnya di Timika. 

Saat pertemuan dengan Bupati Timika, ia mendengar serangkaian paparan pemerintah daerah seputar fasilitas umum namun belum terkait potensi wisata.

Dari pertemuan itu, dia menyebut ada 86 rencana untuk potensi wisata yang bisa dikembangkan di Timika tetapi terbentur dengan anggaran pendanaan yang belum ada. 

“Mbok ditambahkan satu untuk pembangunan wisata yang ada di Timika ini sesuai dengan apa yang menjadi harapan Bupati,” ujar Evita dalam pertemuan Tim Kunker Reses Komisi VI DPR bersama Eselon I Kementerian BUMN, Direktur Utama MIND ID, dan jajaran PT Freeport Indonesia, di Timika, (29/10/2022). 

Evita menyayangkan potensi alam Papua, khususnya di Timika yang memiliki luar biasa indahnya tidak dapat dikelola dengan maksimal oleh pemerintah. 

Diharapkan PT Freeport Indonesia mempunyai program 'Community Development' atau bantuan ke masyarakat, dapat memajukan potensi tempat-tempat pariwisata. 

Kemudian Evita juga mengapresiasi 'Papua Football Academy' yang merupakan program pengembangan atlet sepakbola Papua berbasis di Timika yang bertujuan untuk melahirkan atlet sepakbola Indonesia kelas dunia. 

“Kemudian yang kedua saya apresiasi dengan Papua Football Academy,” ujar Evita. 

Evita berharap juara dua tahuan berturut-turut tim KBPP Polri dari Papua bisa mendapat dukungan anggaran dari PT FI saat mewakili Indonesia dalam pertandingan internasional sepakbola Timnas Pelajar di Bali, Desember mendatang. (rk/rls)