Kenapa Dewan Kolonel di Sanksi Tapi Puan Tidak? Ini Alasannya

Ketua DPR RI Puan Maharani. (twitter: @puanmaharani_ri)
Ketua DPR RI Puan Maharani. (twitter: @puanmaharani_ri)

Gemapos.ID (Jakarta) - Ketua Dewan Kehormatan DPP PDI Perjuangan Komarudin Watubun mengatakan partainya telah memberikan sanksi berat terhadap para anggota Dewan Kolonel yang mendukung Puan Maharani sebagai calon presiden 2024.

Hal itu disampaikan Watubun menjawab pertanyaan wartawan usai klarifikasi dan pemberian sanksi teguran keras terhadap FX Hadi Rudyatmo yang menyampaikan dukungan terhadap Ganjar Pranowo, Jakarta, Rabu (26/10/2022).

“Yang berat di Dewan Kolonel itu adalah membuat organisasi di luar aturan organisasi kita, AD/ART partai, itu berat tindakannya,” kata Watubun.

Soal nama-nama para anggota Dewan Kolonel yang diberi sanksi, Watubun mengatakan dirinya sudah mengontak mereka satu persatu.

“Saya sudah kontak mereka satu persatu, mereka tidak mengerti. Ini kita sedang persiapkan untuk panggil gelombang berikutnya, tertibkan semua tanpa terkecuali,” katanya.

Selanjutnya, saat ditanya soal Puan Maharani Watubun menjelasan tentang tidak adanya peran keterlibatan Ketua DPR itu dalam proses Dewan Kolonel.

“Terkait mbak Puan, mbak Puan sendiri tidak terlibat dalam proses (Dewan Kolonel) itu. Mereka (para anggota Dewan Kolonel, red) berinisiatif untuk melakukan itu, itu yang harus ditertibkan. Kadang-kadang teman-teman ini kan terlalu kreatif, untuk cari muka kadang juga. Itu bukan menolong pemimpin, kadang menjerumuskan pemimpin juga,” tegas Watubun. (rk/rls)