19 Produk Sampo Unilever Ditarik dari Peredaran, Berikut Daftarnya

"Unilever Indonesia bukan bagian dari penarikan dry shampoo ini," kata Head of Communication PT Unilever Indonesia Kristy Nelwan.
"Unilever Indonesia bukan bagian dari penarikan dry shampoo ini," kata Head of Communication PT Unilever Indonesia Kristy Nelwan.

Gemapos.ID (Jakarta) - Food and Drug Administration/FDA (Badan Pengawas Obat dan Makanan) Amerika Serikat (AS) menyatakan sejumlah produk buatan Unilever AS ditari dari peredaran akibat berpotensi mengandung benzene sebagai bahan kimia penyebab kanker. 

Sebanyak 19 produk Unilever AS yang ditarik dari pasaran yang diproduksi sebelum Oktober 2021. Berikut produk-produk ini tertulis dalam laman resmi FDA pada Kamis (27/10/2022).

Daftar Produk Unilever yang Ditarik di AS

1. Dove Dry Shampoo Volume and Fullness

2. Dove Dry Shampoo Fresh Coconut

3. Dove Dry Shampoo Fresh and Floral

4. Dove Dry Shampoo Ultra Clean

5. Dove Dry Shampoo Invisible

6. Dove Dry Shampoo Detox and Purify

7. Dove Dry Shampoo Clarifying Charcoal

8. Dove Dry Shampoo Go Active

9. Nexxus Dry Shampoo Refreshing Mint

10. Nexxus Inergy Foam Shampoo

11. Suave Dry Shampoo Hair Refreher

12. Suave Professionals Dry Shampoo Refresh and Revive

13. Tresemme Dry Shampoo Volumizing

14. Tresemme Dry Shampoo Fresh and Clean

15. Tresemme Pro Pure Dry Shampoo

16. Bed Head Oh Bee Hive Dry Shampoo

17. Bed Head Oh Bee Hive Volumizing Dry Shampoo

18. Bed Head Dirty Secret Dry Shampoo

19. Bed Head Rockaholic Dirty Secret Dry Shampoo

Dengan demikian, FDA meminta konsumen untuk berhenti menggunakan produk shampo kering aerosol. Selain itu juga diminta mengakses laman UnileverRecall.com untuk mengetahui tentang cara menerima penggantian untuk produk yang memenuhi syarat.

Sementara itu Head of Communication PT Unilever Indonesia Kristy Nelwan mengatakan menanggapi penarikan produk Unilever hanya terjadi di AS dan Kanada saja. Jadi, Unilever Indonesia bukan bagian dari penarikan dry shampoo ini.

"Unilever Indonesia bukan bagian dari penarikan dry shampoo ini," katanya. 

Kadar benzena yang terdeteksi di produk Unilever Indonesia tidak menimbulkan risiko kesehatan. Hal ini diketahui dari evaluasi dampak kesehatan yang dilakukan secara independen oleh Unilever.

Unilever Indonesia juga tidak menggunakan benzena sebagai bahan sampo lanataran menerapkan standar keamanan yang tinggi secara global, Perusahaan ini membatasi jumlah jejak benzena yang dapat terjadi karena keberadaan alaminya dalam bahan baku tertentu.

Unilever Indonesia juga selalu mematuhi peraturan yang ditetapkan pemerintah dan menjamim produk yang beredar aman digunakannya. 

"Kami senantiasa beroperasi dengan standar kualitas dan keamanan yang ketat, dan selalu mematuhi semua peraturan yang ditetapkan pemerintah Indonesia. Unilever Indonesia terus bekerja sama secara aktif dengan otoritas terkait untuk memastikan produk-produk yang diedarkan di Indonesia aman untuk masyarakat," tuturnya. (dtf/moc)