Tak Ingin Buru-buru, Ini Sosok Kriteria Cawapres Anies Baswedan untuk Pilpres 2024

Anies Baswedan. (doc)
Anies Baswedan. (doc)

Gemapos.ID (Jakarta) - Meskipun Partai NasDem menyerahkan Anies Baswedan mencari dan memilih sendiri sosok calon wakil presiden yang mendampininya bertarung pada Pemilu 2024, namun mantan Gubernur DKI Jakarta itu tak ingin terburu-buru.

Anies menilai, proses menuju Pilpres 2024 masih panjang dan masih banyak hal yang perlu diperssiapkan, termasuk fokus membentuk koalisi. Untuk itu, ia tidak ingin terburu-buru menentukan pasangan.

"Waktunya masih panjang, jadi kita tidak terburu-buru menentukan,” kata Anies usai menghadiri acara Nasdem Memanggil, Nasdem Tower, Jalan Gondangdia, Jakarta Pusat, Senin (17/10/2022).

“Kemudian yang kedua, proses pembentukan koalisi masih berjalan, jadi saya rasa akan lebih bijak apabila proses penentuan pasangan itu dilakukan dengan seksama dan bukan dalam tempo sesingkat-singkatnya," ujarnya. 

Disinggung mengenai calon wakil presiden yang akan mendampinginya lahir dari koalisi, Anies mengatakan kriteria calon wakil presidennya harus mampu memberikan kontribusi yang besar untuk pemenangan Pemilu 2024.

"Saya rasa tidak ada ketentuan apapun, kita lihat, saya lihat tiga kriterianya. Satu, memberikan kontribusi dalam proses pemenangan," katanya.

Selain itu, kata Anies, calon wakil presidennya nanti harus mampu memperkuat partai koalisi dan efektif membantu pemerintah jika menang di 2024.

"Dua, membantu memperkuat koalisi, stabilitas koalisi. Ketiga, bisa membantu dalam pemerintahan yang efektif. Tiga pertimbangan itu yang menjadi faktor dan nama belum ada," tutupnya. (rk/rls)