Bupati Situbondo Usulkan Tempat Latihan TNI AL Jadi Wisata Militer

Bupati Situbondo, Drs Karna Suswandi terima kunjungan Komandan Pangkalan TNI AL (Lanal) Banyuwangi, Letkol Laut (P) Ansori
Bupati Situbondo, Drs Karna Suswandi terima kunjungan Komandan Pangkalan TNI AL (Lanal) Banyuwangi, Letkol Laut (P) Ansori

Gemapos.ID (Jakarta) - Pada Rabu (12/10), Komandan Pangkalan TNI AL (Lanal) Banyuwangi, Letkol Laut (P) Ansori bertemu dengan Bupati Situbondo, Drs Karna Suswandi di Kantor Sekretariat Pemkab. Langkah ini dilakukan sebagai bentuk Komunikasi Sosial Maritim (Komsosmar) Lanal Banyuwangi yang juga membawahi Situbondo, Probolinggo dan Jember.

Danlanal Banyuwangi, Letkol Laut (P) Ansori menjelaskan, Komsosmar bertujuan mempererat tali silaturahmi. Sehingga terjalin sinergitas untuk pemberdayaan pertahanan wilayah maritim, khususnya di Situbondo.  

“Kita penekanannya, optimalkan wilayah potensi maritim yang ada di Situbondo,” ujarnya.

Kemudian ia mengatakan, Situbondo punya panjang pantai 173 kilometer. Situbondo juga merupakan basis latihan TNI AL. Ada beberapa tempat latihan perang TNI AL yang dilakukan di Situbondo, antara lain di Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) Marinir Karangtekok, dan Pantai Banongan di Kecamatan Banyuputih.

“Bahkan, Pak Bupati mengusulkan agar tempat latihan TNI AL dikembangkan menjadi wisata militer,” katanya.

Selain itu, Bupati Situbondo, Karna Suswandi berharap, sinergitas dengan Lanal Banyuwangi bisa terjalin dengan baik dan bisa memberikan manfaat kepada masyarakat Situbondo. 

“Berbagai upaya yang dilakukan Lanal Banyuwangi, salah satunya untuk kegiatan transplantasi terumbu karang maupun latihan perang yang akan dijadikan sebagai military tourism,” kata dia.

Oleh karena itu, lanjutnya, perlu kerjasama yang baik di antara keduanya untuk mencapai tujuan bersama yaitu untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Situbondo, serta mewujudkan masyarakat Situbondo yang Berjaya (berakhlak, sejahtera, adil dan berdaya). 

“Mudah-mudahan sinergitas ini akan lebih baik ke depannya. Apalagi sudah ada kegiatan yang dilaksanakan oleh Lanal Banyuwangi, salah satunya Rutilahu (rumah tinggal layak huni),” tutupnya.(rdb/ri)