Bekerjasama dengan Kemenparekraf, Adira Finance Resmikan Desa Wisata Carangsari Bali

Saat Adira Finance dan Kemenparekraf RI lakukan peresmian landmark Desa Wisata Ramah Berkendara di Desa Carangsari, Bali
Saat Adira Finance dan Kemenparekraf RI lakukan peresmian landmark Desa Wisata Ramah Berkendara di Desa Carangsari, Bali

Gemapos.ID (Jakarta) - PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (Adira Finance) bersama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI) lakukan peresmian landmark Desa Wisata Ramah Berkendara di Desa Carangsari, Bali.

Seperti yang diketahui, Festival Pasar Rakyat di Pasar Adat Desa Carangsari sebagai destinasi ketiga rangkaian kegiatan Festival Kreatif Lokal 2022 yang merupakan program Corporate Social Responsibility (CSR) Adira Finance juga diremikan.

Hal tersebut disampikan, Direktur Utama Adira Finance Dewa Made Susila dalam keterangan resmi, Senin (10/10).

“Adira Finance berkeinginan untuk membantu pertumbuhan ekonomi Indonesia dari sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, khususnya segmen UMKM. Karena itu, kami menjalin kerjasama strategis dengan pemerintah melalui Kemenparekraf RI melaksanakan rangkaian Festival Kreatif Lokal,” katanya.

Kemudian, Carangsari dipilih sebagai salah satu Desa Wisata Ramah Berkendara karena telah memenuhi kriteria pendukung yang meliputi infrastruktur seperti jalanan beraspal, penerangan lalu lintas, stasiun pengisian bahan bakar, dan bengkel otomotif yang memadai.

Selain itu, Sumber Daya Manusia (SDM) dan ekosistem pariwisata seperti destinasi wisata dan akomodasinya juga telah mumpuni.

Sementara itu, Direktur Tata Kelola Destinasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indra Ini Tua mengatakan adaptasi, kolaborasi, dan inovasi menjadi aspek penting dalam pengembangan desa wisata, termasuk yang dilakukan oleh Adira Finance.

“Adanya inovasi yang dilakukan oleh Adira Finance dalam pelaksanaan rangkaian program Festival Kreatif Lokal yang dikolaborasikan dengan program ADWI oleh Kemenparekraf tentunya menjadi langkah strategis untuk mengangkat potensi sektor parekraf desa wisata secara lebih luas,” katanya.

Selain itu, ia pun mengapresiasi komitmen dan konsistensi Adira Finance yang terus mendukung pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif Desa Wisata.

“Dengan adanya kolaborasi ini kami harap menjadi bentuk adaptasi serta upaya pemulihan perekonomian sektor pariwisata pasca pandemi,” ujarnya.(ant/pa)