Kementerian Pertanian Dukung Sulbar Kembangkan 2.000 H Lahan Pertanian

Saat Mentri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan penjabat Gubernur Sulbar Akmal Malik menghadiri panen padi 400 hektera di Mamuju, Sabtu
Saat Mentri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan penjabat Gubernur Sulbar Akmal Malik menghadiri panen padi 400 hektera di Mamuju, Sabtu

Gemapos.ID (Jakarta) - Kementerian Pertanian (Kementan) dukung Provinsi Sulawesi Barat kembangkan 2.000 hektare lahan pertanian untuk meningkatkan produksi beras nasional.

Hal itu disampikan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo saat menghadiri panen padi 400 hektare di Kecamatan Kalukku, Kabupaten Mamuju, Sabtu (8/10).

"Kementerian Pertanian (Kementan) akan mendukung Provinsi Sulbar dalam meningkatkan luas areal pertanaman padi dan menjadi daerah swasembada pangan," kata Mentan.

Ia menjelaskan pemerintah pusat akan membantu Sulbar mengembangkan luas areal tanaman padi hingga 2.000 hektare untuk meningkatkan produksi beras nasional.

"Namun untuk tahap pertama akan dibantu pengembangannya hingga 1.000 hektare terlebih dahulu kemudian dilanjutkan lagi 1.000 hektare," katanya.

Kemudian, Manten mengatakan pemerintah pusat berharap petani semakin sejahtera dengan perluasan areal pertanaman padi itu.

Selain itu, menurutnya, Sulbar merupakan daerah agraris yang cocok mengembangkan tanaman padi sehingga pemerintah daerah diminta terus berkomitmen memajukan sektor pertanian.

Dalam kesempatan tersebut, Penjabat Gubernur Sulbar Akmal Malik meminta agar pemerintah kabupaten di Sulbar mulai melakukan pemetaan lahan yang dapat digunakan mengembangkan tanaman padi.

Selain itu, ia mengatakan akan melakukan upaya peningkatan sarana dan prasarana pertanian dengan memanfaatkan bantuan yang akan diturunkan pemerintah pusat.

Kemudian ia juga meminta agar pembangunan sektor pertanian, khususnya tanaman padi lebih difokuskan setiap daerah di Sulbar untuk menghadapi ancaman krisis pangan.

"Wilayah Sulbar paling berpeluang menjadi daerah agraris yang bertumpu pada sektor pertanian karena ditunjang lahan Sulbar yang luas, ini mesti dimanfaatkan untuk mendorong pembangunan ekonomi daerah," katanya.

Sementara itu, berdasarkan data yang ada, lahan pertanian padi di Sulbar saat ini mencapai 64 ribu hektare dengan produksi mencapai 178 ribu ton per tahun.(ant/pa)