Mau Travelling Naik Kereta Api? Yuk, Simak Panduan Kelas dan Tips Pilih Kursi Kereta

Ilustrasi: Travelling menggunakan kereta api
Ilustrasi: Travelling menggunakan kereta api

Gemapos.ID (Jakarta) - Kereta menjadi salah satu transportasi favorit masyarakat untuk bepergian, terutama masyarakat di pulau Jawa. Alasannya, selain nyaman, praktis, dan murah, juga terbebas dari kemacetan lalu lintas. Kini, fasilitas kereta api sudah dirancang lebih menarik.

Buat kamu yang tertarik jalan-jalan menggunakan kereta api, wajib simak pandunaan memilih kelas perjalanan dan tips memilih kursi yang tepat berikut ini!

Jenis kelas

Ekonomi

Untuk sekali keberangkatan, kereta api kelas Ekonomi mampu memuat sampai 160 penumpang di setiap gerbong. Setiap kursi bisa diisi 2–3 orang dengan posisi duduk berhadap-hadapan.

Meskipun dari segi harga terbilang murah, fasilitas kereta api kelas Ekonomi sudah memenuhi standar kenyamanan penumpang. Adapun harga kelas Ekonomi per orang berada di rentang Rp30.000 sampai Rp340.000-an, tergantung jarak dan sub-kelas yang dipilih.

Bisnis

Lebih nyaman dibandingkan kelas Ekonomi, kereta api kelas Bisnis menetapkan tarif sedikit lebih tinggi. Namun, masih relatif terjangkau. Setiap gerbong dapat diisi sampai 64 penumpang.

Susunan kursi 2-2 pada setiap baris di sisi kiri dan kanan. Posisi kursi duduk juga bisa diubah sesuai keinginan penumpang, jika ingin berhadapan dengan kursi di depan atau belakangnya. 

Ruang antarbaris tempat duduk satu dan lainnya cenderung lebih lebar sehingga membuat penumpang lebih nyaman. Harga kelas Bisnis dibanderol mulai dari Rp190.000 sampai Rp330.000-an per orang.

Eksekutif

Dari segi durasi, perjalanan pun lebih cepat dibandingkan kelas Ekonomi dan Bisnis. Untuk kapasitas penumpang, setiap gerbong pun hanya tersedia 50 kursi dengan susunan 2-2 di sisi kiri dan kanan. Kursi penumpang dirancang lebih privat.

Anda bisa mengatur sandaran kursinya agar duduk tetap nyaman selama di perjalanan. Ada pula pijakan kaki dengan jarak yang cukup luas antara kursi di depannya.

Soal fasilitas, ada stopkontak dan AC di dalam gerbong. Disediakan juga bantal dan selimut untuk setiap penumpang. Ini sangat dibutuhkan terutama bagi penumpang yang berangkat malam hari. Adapun harga kelas Eksekutif per orang berada di rentang Rp145.000-Rp650.000-an.

Prioritas

Keunggulan pertama, terletak dari desain interior di setiap gerbong yang lebih mewah. Kedua, kuota kursi setiap gerbong hanya untuk 28 penumpang dengan susunan tempat duduk masing-masing dua pada sisi kiri dan kanan.

Ketiga, semua gerbong dilengkapi AC, kabin penumpang yang tertutup, colokan listrik privat, serta bantal dan selimut. Kemudian terakhir, adanya fasilitas TV di setiap kursi, seperti halnya di pesawat. Harga kelas Prioritas per orang mulai dari Rp200.000 hingga Rp1 juta, tergantung jarak tempuh.

Sleeper

Ini merupakan kelas kereta api terbaru di Indonesia dan menjadi tipe paling mewah dari kelas kereta api lainnya. Perbedaannya signifikan, baik dari harga, desain, kenyamanan, dan fasilitas yang di sediakan.

Di kelas ini kursinya bisa Anda atur hingga 150 derajat seperti tempat tidur. Selain itu, ada TV layar sentuh 12 inci di depan kursi, stopkontak, lampu baca, meja lipat, bantal, dan selimut. Ingin naik kereta ini? Anda bisa membayar dengan harga sekitar Rp1 jutaan per orang.

Tips memilih tempat duduk

Pesan secara daring

Anda dapat memesan tiket lewat biro perjalanan daring atau aplikasi kereta api. Selain tidak perlu antre, Anda bisa memilih tempat duduk, memanfaatkan proteksi perjalanan, hingga menyaring harga, armada, jadwal keberangkatan dan ketibaan kereta sesuai preferensi.

Posisi duduk searah

Anda disarankan untuk memilih posisi duduk maju, searah dengan laju kereta. Apabila kereta api Anda berjalan ke arah barat, Anda juga disarankan duduk menghadap ke barat juga. 

Selain dapat melihat pemandangan yang lebih bagus, posisi maju bagi sebagian orang tidak akan membuat pusing atau mual.

Hindari dekat bordes

Jika Anda masih mendapati banyak pilihan tempat duduk, hindari duduk dekat bordes atau sambungan gerbong. Biasanya, posisi bordes berdekatan dengan toilet, dan orang-orang cenderung lalu lalang sehingga suara bising kerap terdengar dan mungkin akan mengganggu Anda.

Perhatikan posisi AC

Jika Anda tidak terlalu suka dengan suhu dingin, Anda bisa memilih tempat duduk yang diperkirakan membelakangi AC tersebut. Biasanya semakin malam suhu di dalam kereta semakin dingin karena kombinasi dinginnya malam dan AC secara bersamaan.

Pilih dekat jendela

Salah satu alasan orang untuk naik kereta adalah berlama-lama melihat pemandangan. Bagi Anda yang suka melihat pemandangan, posisi duduk dekat jendela di urutan A dan D bisa jadi pilihan.

Dekat gerbong restorasi

Tidak hanya tempat duduk, nomor gerbong juga menentukan kenyamanan perjalanan Anda. Jika tidak bisa menahan lapar, Anda bisa langsung ke gerbong restorasi daripada harus menunggu para pramugari dan pramugara lewat menawarkan makanan dan minuman ke gerbong. Biasanya, gerbong restorasi berada di urutan gerbong nomor lima atau enam.

Pintu keluar stasiun

Anda juga harus memikirkan posisi saat Anda turun di tempat tujuan. Biasanya, setiap stasiun memiliki pintu keluar yang berada di tengah. Jadi, Anda disarankan memilih gerbong dengan nomor urut tengah agar tidak terlalu jauh berjalan menuju pintu keluar stasiun.(ant/pa)