Upayakan Kemajuan Pendidikan, Anies Baswedan Resmikan Sekolah Net Zero 2022

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan Sekolah Net Zero 2022 di SD Negeri Ragunan 08, Jakarta, Rabu (28/09)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan Sekolah Net Zero 2022 di SD Negeri Ragunan 08, Jakarta, Rabu (28/09)

Gemapos.ID (Jakarta) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan resmikan empat "Sekolah Net Zero 2022" di SD Negeri Ragunan 08 di Jakarta, sebagai bagian dari upaya memajukan pendidikan sesuai perubahan zaman.

"Hari ini, Jakarta resmi menjadi tempat pertama sekolah negeri yang memiliki 'net zero school'", kata Anies, di Jakarta, Rabu (28/9).

Sebagai informasi, "Sekolah Net Zero 2022" adalah bangunan sekolah berkonsep memiliki emisi rendah karbon, hemat saat dioperasikan, serta sebagian besar kebutuhan energinya berasal dari energi terbarukan.

Kemudian, konkretnya rancang bangun gedungnya mengoptimalkan ventilasi alam dan pencahayaan alami sehingga mengurangi emisi gas karbon akibat penggunaan energi listrik.

Anies menjelaskan bahwa sekolah ini mengusung konsep bangunan hijau (green building) guna memajukan pendidikan sehingga bergerak mengikuti perubahan zaman.

Sekolah itu, kata dia, tidak ditentukan oleh fisik bangunan saja melainkan melalui interaksi antarpendidik dengan anak didiknya. Ia juga menyebutkan apabila tempat interaksi ini bila dirancang dengan benar, maka proses pembelajaran akan berjalan lebih baik lagi.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Pendidikan Pemprov DKI Nahdiana juga menyebutkan bahwa peresmian ini mewujudkan pendidikan yang tuntas dan berkualitas yang dimulai dengan pembangunan fisik gedung di sekolah negeri di Jakarta.

"Ini merupakan sebuah keinginan untuk melakukan transformasi pendidikan di Jakarta", ucap Nahdiana.

Sementara itu, pemerintah provinsi DKI Jakarta membangun "sekolah net zero" di empat lokasi dengan menggunakan APBD senilai Rp126 miliar dan merupakan sekolah percontohan menuju target Jakarta menuju kota emisi nol pada 2050.

Adapun empat "Sekolah Net Zero" 2022 itu adalah SD Negeri Ragunan 08 di Kecamatan Pasar Minggu, SD Negeri Duren Sawit 14 di Kecamatan Duren sawit kemudian SD Negeri Grogol Selatan 09 di Kecamatan Kebayoran dan SMA 96 Jakarta di Kecamatan Cengkareng.

Tak hanya itu, keempat sekolah ini juga menerima Sertifikat Greenship Net Zero dari Green Building Council Indonesia dan menjadi sekolah negeri pertama yang mendapatkan sertifikat tersebut.(ant/ra)