Kakorlantas Polri Ajak Masyarakat Berkendara Aman Menggunakan Sepeda

Saat Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi meninjau pelaksaan vaksinasi COVID-19 di Gedung Djayusman Korlantas Polri, Jakarta
Saat Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi meninjau pelaksaan vaksinasi COVID-19 di Gedung Djayusman Korlantas Polri, Jakarta

Gemapos.ID (Jakarta) - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi ajak masyarakat untuk berkendara aman menggunakan sepeda lewat program "Cycling For Blue Sky and Road Safety".

"Pesan yang ingin Korlantas sampaikan dan sosialisasikan kepada masyarakat bahwa sepeda ini adalah kendaraan yang aman di jalan dan lalu lintas," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu (25/9).

Terlihat saat bersepeda, Firman dan jajaran mengenakan baju olahraga putih bertuliskan "Cycling for Road Safety" dan gambar rambu lalu lintas. 

Kakorlantas mengatakan, melalui kaos tersebut, ia ingin menyosialisasikan aturan lalu lintas ke masyarakat seperti dilarang parkir sembarangan hingga mematuhi rambu-rambu lalu lintas.

Kemudian, ia menjelaskan bersepeda yang aman tentunya menggunakan alat-alat keselamatan khusus sepeda, dan harus terpasang lengkap saat bersepeda.

"Semuanya harus terpasang untuk mewujudkan bersepeda yang aman sampai tujuan dan tidak membahayakan diri sendiri beserta orang lain," pesannya.

Selain itu, ia mengatakan sepeda adalah kendaraan yang ramah lingkungan karena tidak menggunakan bahan bakar penyebab polusi udara. Korlantas Polri akan terus mengedukasi masyarakat untuk sadar akan kebersihan lingkungan.

"Korlantas berkomitmen mengedukasi masyarakat untuk mengendalikan dan mencegah pencemaran udara sekaligus mewujudkan perilaku sadar lingkungan," katanya menegaskan.

Tak hanya mengajak masyarakat menggunakan sepeda, Korlantas Polri juga mengadakan vaksinasi booster untuk anggota dan masyarakat umum di Gedung Djayusman Korlantas Polri, Jakarta Selatan. Kegiatan ini dilakukan untuk mendorong masyarakat yang belum divaksin.

"Kami menyelenggarakan vaksin bagi masyarakat yang belum vaksin pertama, kedua, termasuk yang baru booster. Ditargetkan hari ini menyiapkan 250 dosis vaksin," katanya.(ant/ra)