Padang Pariaman Dilanda Banjir, BPBD Evakuasi Ratusan KK

Kepala Pelaksana BPBD Padang Pariaman Budi Mulya di Parik Malintang
Kepala Pelaksana BPBD Padang Pariaman Budi Mulya di Parik Malintang

Gemapos.ID (Jakarta) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat telah mengevakuasi ratusan kepala keluarga yang terdampak banjir di sejumlah kecamatan.

Diketahui banjir tersebut terjadi akibat hujan dengan intensitas tinggi yang melanda daerah itu semenjak Rabu (21/9/2022) siang. Hal itu disampikan Kepala Pelaksana BPBD Padang Pariaman Budi Mulya di Parik Malintang, Kamis (22/9/2022).

"Kami mengevakuasi warga ke tempat tinggi namun ada warga yang tetap bertahan di rumahnya," katanya.

Kemudian Ia mengatakan, sejumlah kecamatan di Padang Pariaman yaitu Ulakan Tapakih dan Batang Anai dilanda banjir semenjak Rabu malam dengan ketinggian ada yang mencapai 2,5 meter.

Adapun, kata dia, rincian dua nagari di Kecamatan Ulakan Tapakih yang terdampak banjir yaitu Nagari Sandi Ulakan dengan jumlah keluarga terdampak sebanyak 13 kepala keluarga sedangkan di Nagari Kapuang Galapuang Ulakan jumlah keluarga terdampak mencapai 190 kepala keluarga.

Sedangkan, di Kecamatan Batang Anai nagari yang terdampak yaitu Sungai Buluah Selatan dengan jumlah keluarga yang terdampak dari banjir tersebut mencapai 80 kepala keluarga.

Tidak hanya merendam rumah, bahkan belasan hektare sawah, sambungnya, puluhan hektare lahan pertanian, puluhan unit kolam tambak ikan, sejumlah rumah ibadah, dan sejumlah fasilitas pendidikan terendam banjir.

"Meskipun banjir sudah mulai surut namun tim masih kami siagakan," katanya.

Selain banjir, Padang Pariaman juga mengalami longsor yang menimpa badan jalan sehingga mengganggu mobilitas masyarakat di daerah itu.

Adapun lokasi tanah longsor tersebut yaitu di Nagari Kudu Gantiang Barat dan Nagari Gunuang Padang Alai di Kecamatan V Koto Timur.

"Material longsor telah kami bersihkan bersama warga setempat," katanya.(ant/ri)