4 Rekomendasi Destinasi Wisata di Kebumen, Ada Wisata Sejarahnya Lho!

Ilustrasi Gua Jatijajar di Kebumen, Jawa Tengah
Ilustrasi Gua Jatijajar di Kebumen, Jawa Tengah

Gemapos.ID (Jakarta) - Kebumen adalah salah satu kabupaten yang terletak di Jawa Tengah yang terkenal dengan kerajinan genteng yang berasal dari wilayah Sokka. 

Meski demikian, kamu perlu tahu bahwa Kebumen juga memiliki banyak destinasi wisata yang sayang kalau lewatkan. Penasarankan? Yuk, simak berkut ini daftar destinasi wisata di Kebumen

1. Pantai Menganti

Pantai Menganti merupakan sebuah pantai yang terletak di wilayah Ayah, Kebumen. Pantai ini memiliki keindahan alam dan lautnya yang jernih. 

Selain itu, pantai ini memiliki pasir putih yang akan memanjakan mata. Waktu terbaik untuk menikmati Pantai Menganti adalah ketika sunset.

2. Gua Jatijajar

Gua Jatijajar merupakan destinasi wisata unggulan yang terletak di wilayah Ayah, Kebumen. gua ini berada di kawasan pengunungan kapur yang membentang di wilayah selatan Kebumen. 

Kemudian, untuk mencapai Gua Jatijajar pun tidak terlalu sulit karena aksesnya yang bisa dibilang mudah dan hanya memakan waktu 45 hingga 60 menit jika Anda berangkat dari Kota Kebumen. Di Gua Jatijajar terdapat empat mata sendang, yaitu Puser bumi, Jombor, Mawar, dan Kantil.

3. Benteng Van der Wijck

Benteng yang pada awalnya bernama Benteng Cochius ini merupakan bekas kantor Vereegnide Oostindische Compagnie (VOC) dan bekas barak tentara. 

Saat ini, benteng tersebut difungsikan sebagai salah satu objek wisata sejarah di wilayah Kebumen dan termasuk salah satu cagar budaya.

4. Gua Petruk

Gua ini terletak di wilayah Ayah, Kebumen. Gua ini terletak sangat dekat dengan Gua Jatijajar. Berbeda dengan Gua Jatijajar yang sudah diterangi oleh lampu di dalamnya, destinasi wisata alam Gua Petruk tidak diterangi oleh lampu sama sekali di dalam gua. 

Hal ini dilakukan untuk menjaga keaslian dan keotentikan Gua Petruk. Namun, ketika akan berkunjung ke Gua Petruk, pastikan Anda sudah memiliki persiapan yang cukup.

Nah, itulah daftar destinasi wisata di Kebumen yang wajib kamu kunjungi!(tmp/ri)