Menko PMK Pimpin Upacara Pemakaman Ketua Dewan Per Azyumardi Azra

Menko PMK Muhadjir Effendy saat memberikan penghormatan terakhir kepada Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra di upacara pemakaman
Menko PMK Muhadjir Effendy saat memberikan penghormatan terakhir kepada Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra di upacara pemakaman

Gemapos.ID (Jakarta) - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy pimpin upacara pemakaman Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Selasa (20/9/2022).

Menko PMK bertindak sebagai Inspektur upacara pada upacara pemakaman yang berlangsung mulai pukul 09.00 WIB, digelar secara militer. Jenazah dimakamkan di Blok Z Nomor 426 TMP.

Adapun sejumlah tokoh yang hadir saat upacara pemakaman, seperti Wakil Presiden RI ke-10 dan 12 Jusuf Kalla, Kapolri Listyo Sigit Prabowo, Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi, Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar, Kepala BNPT Boy Rafli Amar, Ketum Partai Demokrat Agus Harimukti Yudhoyono, dan sejumlah tokoh lainnya.

Kemudian setelah upacara pemakaman, Muhadjir mengaku kehilangan sosok besar dan juga sahabat dalam bidang akademik. Itu karena, saat keduanya menjadi rektor, Muhadjir rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dan Azyumardi rektor UIN Syarif Hidayatullah, sering bertukar pikiran soal pengembangan kampus.

"Kita sangat kehilangan atas kepergian beliau, karena khazanah intelektual yang telah beliau bangun sangat bermakna bagi kemajuan bangsa ini, khususnya dalam bidang ilmu-ilmu sosial dan juga kebudayaan plus keilmuan keislaman," kata Menko PMK.

Tak hanya itu, ia juga mengatakan keduanya juga sama-sama aktif di organisasi Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI), sehingga kedekatan yang terjadi begitu erat.

"Tapi, saat beliau menjadi Ketua Dewan Pers, kami sulit sekali bertemu karena kesibukan masing-masing," kenang Muhadjir.

Sebelumnya, Azyumardi Azra mengembuskan napas terakhir di Rumah Sakit Serdang, Selangor, Malaysia pada Minggu (18/9/2022) pukul 12.30 waktu setempat akibat gangguan kesehatan yang dialaminya saat melakukan kunjungan kerja ke Malaysia.(ant/ra)