Pemakaman Azyumardi Azra Batal Hari Ini, Apa Alasannya?

Dewan Pers mengkonfirmasi pemakaman jenazah Azyumardi Azra akan berlangsung di Taman Pemakaman Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan pada Selasa (20/9/2022).
Dewan Pers mengkonfirmasi pemakaman jenazah Azyumardi Azra akan berlangsung di Taman Pemakaman Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan pada Selasa (20/9/2022).

Gemapos.ID (Jakarta) - Dewan Pers mengkonfirmasi pemakaman jenazah Azyumardi Azra akan berlangsung di Taman Pemakaman Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan pada Selasa (20/9/2022). 

Langkah ini dilakukan setelah jenazahnya diperkirakan tiba di Bandara Soekarno-Hatta dari Kuala Lumpur, Malaysia, pada Senin (19/9/2022) malam.

"Informasi yang kami terima belum valid betul. Dimungkinkan jenazah almarhum diterbangkan dari Bandara di Kuala Lumpur sekitar pukul 20.00 waktu setempat, dan tiba di Indonesia sekitar pukul 21.30 WIB," kata Wakil Ketua Dewan Pers M Agung Dharmajaya pada Senin (19/9/2022) malam.

Setelah kedatangan jenazah dari Malaysia terdapat proses yang memerlukan waktu sekitar satu jam di bandara. Kemudian, jenazahna akan dibawa ke kampus UIN Syarif Hidayatullah untuk disemayamkan.

"Karena waktu tiba di kampus UIN sudah larut malam, pemakaman akan dilakukan pada hari Selasa. Pekamaman di TMP Kalibata, tapi waktu pelaksanaan pemakamannya belum ditetapkan jam berapa," tuturnya. 

Sebelumnya, Azyumardi Azra berkunjung ke Malaysia pada Jumat, 16 September 2022 atas undangan Angkatan Belia Islam Malaysia (ABIM) sebagai salah satu pembicara pada Konferensi Internasional Kosmopolitan Islam di Selangor pada Sabtu (17/9/2022). 

Namun, setelah tiba di Bandara Internasional Kuala Lumpur pada Jumat (16/9/2022) sekitar pukul 15.30 waktu setempat, Azyumardi diketahui sakit.

Kemudian, dia diantarkan ke Rumah Sakit (RS) Serdang di Selangor, berjarak sekitar 30 km dari Kuala Lumpur, untuk mendapat penanganan secara intensif.

Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Malaysia Hermono mengemukakan Azyumardi Azra meninggal dunia di RS Serdang, Selangor, Malaysia, pada Minggu (18/9/2022) sekitar pukul 12.30 waktu setempat, karena serangan jantung.

Berdasarkan surat kematian yang dikeluarkan RS disebutkan penyebab kematian Azyumardi Azra yakni acute inferior myocardial infarction.

Dia merupakan Ketua Dewan Pers periode 2022-2025 dan mantan Rektor UIN Syarif Hidayatullah. (ant/mau)