Jasa Raharja Sebut Telah Serahkan Santunan Rp1,33 Triliun di Semester I 2022

Direktur Utama Jasa Raharja, Rivan A. Purwantono
Direktur Utama Jasa Raharja, Rivan A. Purwantono

Gemapos.ID (Jakarta) - Jasa Raharja menyatakan, selama semester I tahun 2022 ini telah menyerahkan dana santunan kecelakaan lalu lintas secara nasional sebesar Rp1,33 triliun.

Direktur Utama Jasa Raharja, Rivan A. Purwantono dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (16/9/2022), mengatakan jumlah tersebut mengalami kenaikan 15,1 persen dari tahun 2021, dan naik 3,0 persen dari tahun 2019 sebelum pandemi Covid-19, yang tercatat sebanyak Rp1,24 triliun.

"Kenaikan jumlah santunan itu diakibatkan karena angka fatalitas korban kecelakaan lalu lintas di periode semester I 2022 lebih tinggi, bahkan dibanding dengan periode yang sama 2019," katanya.

Kemudian Rivan merinci, tahun ini jumlah santunan terhadap korban meninggal dunia sebesar Rp687 miliar, atau naik 0,1 persen dari periode yang sama tahun 2019.

Sedangkan untuk korban luka, cacat tetap, ambulance, dan P3K jumlah santunannya sebesar Rp646 miliar, atau naik 17,6 persen dari 2019.

Berdasarkan data tersebut, korban kecelakaan lalu lintas didominasi oleh kendaraan roda dua atau sepeda motor, yakni 77,55 persen, kemudian diikuti truk

11,05 persen dan setelah itu mobil pribadi 9,17 persen.

“Ini tentu menjadi perhatian kita semua, untuk bagaimana bersama-sama bisa menekan angka kecelakaan lalu lintas,” ujarnya.

Karena itu, Rivan meminta kepada seluruh masyarakat, untuk selalu waspada dan patuh terhadap aturan berlalu lintas, sehingga dapat meminimalisasi risiko kecelakaan di jalan raya.

Tak hanya itu, ia juga menyampaikan, agar korban maupun keluarga korban yang dirawat di rumah sakit (RS), memahami proses pengobatan yang dijalani.

“Sehingga, manfaat santunan biaya rawatan dari Jasa Raharja bisa optimal dirasakan,” jelasnya.

Jasa Raharja bersama Kepolisian dan instansi terkait, kata dia, terus berupaya menanggulangi jumlah kecelakaan lalu lintas melalui berbagai program pencegahan.

Tidak hanya memberikan imbauan dan pemetaan lokasi rawan kecelakaan, Jasa Raharja juga sudah masuk ke dalam komunitas dan lembaga pendidikan, mulai dari TK sampai perguruan tinggi, guna menyampaikan pesan-pesan keselamatan berlalu lintas.(ant/pa)