Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jakarta Urung Dorong Risma Pj Gubernur DKI

Mensos Tri Risma Harini. (ist)
Mensos Tri Risma Harini. (ist)

Gemapos.ID (Jakarta) - Ketua fraksi PDI Perjuangan DKI Jakarta Gembong Warsono mengatakan fraksi PDI Perjuangan DKI Jakarta sebetulnya ingin mendorong Ibu Tri Rismaharini sebagai Pj Gubernur DKI Jakarta.

“Karena pengalaman beliau sukses memimpin Kota Surabaya selama 2 periode, kami melihat kepemimpinan beliau cocok untuk diterapkan di DKI Jakarta,” ujar Gembong di Jakarta, Rabu (14/9/2022).

Namun hal tersebut urung dilakukan karena seperti yang diketahui, Ibu Risma saat ini mendapat penugasan yang lebih besar dari Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Sosial. 

Selain itu, salah satu syarat menjadi Pj Gubernur harus dari yang berasal dari jabatan pimpinan tinggi madya.

“Setelah melakukan kordinasi dengan DPD dan DPP PDI Perjuangan, kami akhirnya mengusulkan 3 nama sebagai Pj Gubernur DKI Jakarta,” lanjut Gembong.

Sebagaimana diketahui, fraksi PDI Perjuangan DKI Jakarta mendorong 3 nama sebagai Pj Gubernur, yaitu Heru Budi Hartono, Marullah Matali, dan Bahtiar Baharuddin. Ketiga nama ini sudah disepakati oleh DPRD DKI Jakarta dan diserahkan kepada Kementerian Dalam Negeri.

Fraksi PDI Perjuangan menilai ketiga kandidat tersebut memenuhi syarat sebagai Pj Gubernur DKI Jakarta dan optimis nama yang terpilih nanti bisa melanjutkan pembangunan di Jakarta dan melakukan eksekusi terhadap program-program yang saat ini belum sempat dikerjakan oleh Gubernur Anies Baswedan serta mampu membangun harmonisasi antara eksekutif, legislatif, Forkompinda dan Pemerintah Pusat.

“Menurut kami dari tiga nama tersebut mumpuni dan bisa mendekati seperti sosok Ibu Risma memimpin Surabaya, semoga nama yang terpilih nanti menjalankan tupoksi sebagai PJ Gubernur dengan sungguh-sungguh dan memastikan guna memenuhi tumpahan harapan warga ibukota terhadap penanganan masalah pembangunan,” tutup gembong. (rk/rls)