Kabar Teranyar Rencana Akuisisi KCI oleh MRT Jakarta

Komisi B DPRD DKI Jakarta mengungkapkan PT MRT Jakarta berencana mengakuisisi saham PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) pada 2023.
Komisi B DPRD DKI Jakarta mengungkapkan PT MRT Jakarta berencana mengakuisisi saham PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) pada 2023.

Gemapos.ID (Jakarta) - Komisi B (Bidang Perekonomian) DPRD DKI Jakarta mengungkapkan PT MRT Jakarta berencana mengakuisisi saham PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) pada 2023 

Malahan, MRT Jakarta berencana menjadi pemilik saham mayoritas di perusahaan jasa kereta listrik tersebut.

"Dengan akuisisi tersebut, paling tidak 51 persen saham dari PT KCI itu dimiliki oleh MRT," kata Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta Ismail pada Rabu (14/9/2022).

Dengan begitu MRT Jakarta mengajukan penyertaan modal daerah (PMD) untuk 2023 sebesar Rp1,71 triliun untuk akuisisi saham KCI.

Data MRT menyebutkan total PMD yang diusulkannya untuk 2023 adalah sekitar Rp6,2 triliun untuk akuisisi saham KCI, sisanya merupakan modal untuk pekerjaan proyek MRT Fase 1 dan MRT Fase 2.

Akuisisi saham KCI untuk melancarkan proses integrasi rute dan moda oleh PT Moda Integrasi Transportasi Jabodetabek (MITJ).

Jumlah penumpang (ridership) KRL KCI 1,7 juta orang per harinya.

"Kalau saham kita dominan di sana, maka nanti kita bisa membuat kebijakan itu lebih lancar," ujarnya. 

Namun, proses pembahasan akuisisi KCI oleh MRT Jakarta dinilai masih Panjang lantaran masih perlu melakukan kajian dan menunggu respon atau itikad dari KCI.

"Jika pun jadi, tak akan banyak perubahan operasional kereta rel listrik (KRL) atau kereta commuter pasca akuisisi," tuturnya. (ant/mau)