Berikut Usulan 3 Nama Pejabat Gubernur DKI Jakarta dari DPRD DKI Jakarta

Gemapos.ID (Jakarta) - DPRD DKI Jakarta memutuskan tiga nama diusulkan kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sebagai calon Penjabat Gubernur DKI Jakarta dalam rapat pimpinan gabungan (rapimgab) sembilan fraksi.

"Jadi nama yang tersaring untuk diserahkan ke Menteri Dalam Negeri, pertama Heru Budi Hartono, kedua Marullah Matali, ketiga Bahtiar," kata Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi pada Selasa (13/9/2022).

Sembilan fraksi di DPRD DKI Jakarta mengusulkan masing-masing tiga nama kepada pimpinan DPRD DKI Jakarta. Kemudian, ini diumumkan satu per satu oleh setiap fraksi dengan menyerahkan nama-nama yang hampir sama.

Dari penghitungan terdapat empat nama yang muncul, yakni Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono dan Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Marullah Matali.

Kemudian, Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Bahtiar Baharuddin, dan Deputi IV Kantor Staf Presiden (KSP) Juri Ardiantoro.

Heru Budi Hartono dan Marullah Masali masing-masing mengantongi sembilan suara. Artinya, seluruh fraksi di DPRD DKI yang berjumlah sembilan fraksi memilih dua figur itu.

Berikutnya, Bahtiar Baharuddin mengantongi enam dan Juri Ardiantoro sebanyak tiga suara.

Dengan demikian, DPRD DKI Jakarta mengusulkan tiga nama yang diajukan paling banyak dipilih oleh sembilan fraksi itu yakni Heru Budi Hartono, Marullah Masali, dan Bahtiar Baharuddin sebagai calon Penjabat Gubernur DKI Jakarta. 

"Besok (Rabu, 14 September) akan kami kirimkan ke Menteri Dalam Negeri," tutur Prasetio Edi Marsudi. 

Kemudian, Presiden Joko Widodo akan memilih satu orang sebagai Penjabat Gubernur DKI menggantikan Anies Baswedan yang pensiun pada 16 Oktober 2022 bersama dengan Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria.

Kemendagri juga mengusulkan tiga nama sehingga total sebanyak enam nama yang diusulkan kepada Presiden Jokowi. Nama-nama yang diusulkan Kemendagri bisa sama atau berbeda dari tiga nama yang diusulkan DPRD DKI Jakarta. (ant/mau)