Wamenaker Dukung Inovasi Digital Pertanian Milik Anak muda Jambi

Saat Wamenaker RI Afriansyah Noor berkunjungan ke Jambi dalam peluncuran aplikasi Ciptani milik anak muda Jambi yang bergerak pada sektor pertanian
Saat Wamenaker RI Afriansyah Noor berkunjungan ke Jambi dalam peluncuran aplikasi Ciptani milik anak muda Jambi yang bergerak pada sektor pertanian

Gemapos.ID (Jakarta) - Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker) RI Afriansyah Noor dukung digitalisasi sektor pertanian milik anak muda di Provinsi Jambi. Ia ngatakan hal tersebut dapat mengangkat pemasaran hasil pertanian daerah, Sabtu (10/9/2022).

Dukungan ini ditunjukkan Wamenaker saat kunjungannya ke Jambi dalam peluncuran aplikasi Ciptani milik anak muda Jambi yang bergerak pada sektor pertanian.

"Aplikasi Ciptani sangat luar biasa, mereka punya pemikiran yang baik di tengah-tengah pandemi yang melanda," katanya.

Wamenaker menegaskan, Kemenaker mendukung penuh inovasi-inovasi yang dilakukan oleh anak muda terutama yang berkaitan dengan digitalisasi.

"Saya berharap generasi milenial ada inovasi apalagi perkembangan digitalisasi, sehingga pengembangan wirausaha jadi lebih kreatif dan inovatif," katanya pula.

Tak hanya itu, ia juga menegaskan, kementerian siap berkolaborasi dengan inovator-inovator digitalisasi untuk mendukung inovasi tersebut.

Kemudian ia mengatakan, aplikasi Ciptani berkaitan dengan sektor pertanian untuk menampung produk pertanian dari petani dan memangkas jalur distribusi dan melibatkan ibu rumah tangga dalam memasarkan produk dan hasil pertanian secara online atau melalui warung mitra.

Selain itu, dalam kunjungan tersebut, Wamenaker juga memberikan bantuan senilai Rp5 juta kepada lima pedagang sayur yang sudah tergabung sebagai warung mitra Ciptani.

"Gebrakan ini luar biasa, membantu petani dan pedagang sayur," katanya lagi.

Menurutnya, peluncuran aplikasi Ciptani ini, akan memberikan manfaat bagi peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut CEO, Kribo.id, Reza Nugroho mengatakan Ciptani merupakan salah satu program yang sedang dijalankan oleh Kribo.id. Aplikasi Ciptani merupakan aplikasi untuk digitalisasi para petani di Jambi.

Sementara hingga saat ini, aplikasi ini baru mengakomodir 300 petani yang tersebar di Kota Jambi dan sekitarnya.

"Kami digitalkan mereka, kami punya database petani, kapan mereka tanam, kapan panen hingga berapa hasil panen semua terdata dengan aplikasi ini," ujarnya.

Kemudian ia menjelaskan, sudah terdapat 53 warung mitra yang terdaftar dan memasarkan hasil tani dari para petani yang tergabung di Ciptani.

"Target kami ada 250 warung mitra di tahun ini," katanya pula.

Selain itu, aplikasi ini juga memberikan pinjaman modal usaha bagi pedagang warung mitra, senilai Rp1 juta per mitra.(ant/ar)