Mikrotrans Buka Layanan Baru Rute Terminal Tanah Merdeka-Pulogebang

Gemapos.ID (Jakarta) - Transportasi Jakarta (TransJakarta) membuka layanan baru Mikrotrans rute Terminal Tanah Merdeka-Pulogebang (JAK 110).

"Ini seiring dengan target TransJakarta memperluas jangkauan layanan hingga 95 persen di 2022," kata Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan TransJakarta, Anang Rizkani Noor pada Jumat (9/9/2022). 

Pembukaan rute Mikrotrans Terminal Tanah Merdeka-Pulogebang diharapkan semakin mempermudah mobilitas masyarakat.

"Baik sebagai pengumpan maupun moda transportasi sehari-hari," ujarnya. 

Anang Rizkani Noor mengemukakan sebanyak 30 unit Mikrotrans yang dioperasikan untuk melayani rute baru ini.

Untuk menikmati layanan Mikrotrans tidak akan dikenai biaya tapi tetap diwajibkan untuk melakukan aktivitas transaksi pada scanner kartu uang elektronik yang ditempel pada bus.

"Bagi pelanggan yang ingin menikmati layanan tersebut diwajibkan melakukan tap in dan tap out pada alat Tap on Bus (TOB) di dalam armada dengan tarif Rp0," tuturnya. 

Pada kesempatan terpisah Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta mengucurkan subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk TransJakarta sebesar Rp62,1 miliar setelah kenaikan harga BBM bersubsidi.

"Tentu akan ditambah biaya subsidinya," tutur Kepala Dinas Perhubungan DKI Syafrin Liputo. 

Dishub DKI Jakarta telah menghitung besaran subsidi BBM kepada TransJakarta setelah kenaikan harga BBM bersubsidi. Pihaknya akan mengalokasikan tambahan subsidi itu dari anggaran kewajiban pelayanan publik (public service obligation/PSO).

Data Dinas Perhubungan DKI, dana PSO transportasi umum pada 2019 mencapai Rp3,1 triliun dan meningkat pada 2022 menjadi Rp3,5 triliun.

Besaran PSO untuk transportasi umum di DKI mencapai sekitar Rp4 triliun pada 2022 dengan alokasi paling besar TransJakarta sekitar Rp3,2 triliun, MRT sekitar Rp600 miliar, dan LRT Jakarta sekitar Rp200 miliar.

Dengan demikian Pemprov DKI tidak menaikkan tarif angkutan umum yang sudah terintegrasi dengan JakLingko.