Kolonel Inf Faisol Izuddin Resmi Jadi Komandan Paspampres, Ini Profilnya!

Kolonel Inf Faisol Izuddin Karimi
Kolonel Inf Faisol Izuddin Karimi

Gemapos.ID (Jakarta) - Kolonel Inf Faisol Izuddin Karimi resmi diangkat Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menjadi Komandan Grup (Dangrup) A Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). 

Sebagai informasi, Faisol akan menggantikan posisi Kolonel Inf Anan Nurakhman yang dimutasi menjadi Danrem 074/Warastratama, Surakarta, Kodam IV/Diponegoro, Jawa Tengah. 

Hal tersebut, tertuang dalam Keputusan Panglima Tentara Nasional Indonesia Nomor Kep/819/VIII/2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia, Minggu (4/9/2022). 

Diketahui, Grup A Paspampres merupakan Pasukan Pengamanan Presiden yang bermarkas di Jakarta dengan kekuatan empat detasemen. Grup A memiliki tugas melaksanakan pengamanan fisik langsung jarak dekat setiap saat terhadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta keluarganya. 

Lalu siapa sebenarnya Kolonel Inf Faisol Izuddin Karimi di dalam dunia militer? Berdasarkan data Sekretariat Presiden, Faisol merupakan lulusan Akademi Militer 1999 dan berasal dari kecabangan Infanteri. 

Sebelumnya, pria kelahiran Gresik, 22 April 1977 tersebut sebelumnya pernah bertugas sebagai perisai hidup Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Faisol pernah menjabat sebagai Komandan Detasemen Pampri. Kemudian, dia juga ditunjuk menjadi Komandan Detasemen 1 Grup A Paspampres. Berpindah dari Paspampres, Faisol dipercaya menjabat sebagai Dandim 95/06 Tangerang pada 2018 hingga 2019. 

Setelah setahun menjabat Dandim, dia kembali ke Paspampres dengan menjabat sebagai Waasops Danpaspampres pada periode 2019-2020. 

Selanjutnya pada 2020-2021, Faisol menduduki jabatan sebagai Komandan Brigif 26/Gurana Piarawaimo Kodam XVIII/Kasuari yang bermarkas di Kabupaten Teluk Bintuni, Papua Barat. 

Kemudian dari Papua, Faisol lalu dipercaya mengemban amanah sebagai Dandim 0410/KBL Bandar Lampung sebelum akhirnya ditarik kembali ke Paspampres menjadi Dangrup A. 

Sementara itu, Faisol juga pernah terpilih sebagai Komandan Upacara Penurunan Bendera Merah Putih HUT ke-76 di Istana Merdeka, Selasa (17/8/2021). Faisol bertugas bersama dengan Tim Paskibraka Indonesia Tumbuh.(nsd/ri)