Promosikan Destinasi Wisata Alam, Pemkab Muara Enim Akan Gelar Kembali Festival Durian

Ilustrasi: Festival Durian
Ilustrasi: Festival Durian

Gemapos.ID (Jakarta) - Pemerintah Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan, tengah mempromosikan destinasi wisata alam dengan berencana menggelar kembali Festival Durian yang sempat terhenti selama tiga tahun.

Hal tersebut disampikan Bupati Muara Enim Kurniawan, di Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan, yang dikutp pada hari ini (24/8/2022).

Kurniawan mengatakan, setelah pemkab berencana menggelar kembali agenda tahunan ini setelah sempat terhenti dalam tiga tahun terakhir lantaran adanya pandemi Covid-19.

"Rencananya akan digelar pada 28 Agustus 2022 di kawasan Plumeria Ecopark," katanya.

Sementara itu, Festival Durian ini akan diisi oleh beragam perlombaan, seperti pemilihan durian terbaik dan terbesar. Selain itu, juga ada kegiatan peduli lingkungan yakni penanaman pohon durian.

Menurut Pemkab, Festival Durian ini merupakan media promosi paling efektif untuk memperkenalkan Kabupaten Muara Enim. Muara Enim sebagai salah satu kabupaten di Sumsel yang dikenal akan produksi buah duriannya.

"Sementara saat ini sedang musim durian sehingga festival diharapkan menjadi ruang bagi pemberdayaan masyarakat," kata dia.

Diketahui, terakhir kali Pemkab Muara Enim menggelar Festival Durian di objek wisata Air Terjun Curup Tenang Bedegung pada 2019. Pada saat itu, festival berhasil mendapatkan respon positif dari warga Sumsel.(ant/ra)