Akibat Hujan Deras Kecamatan Bone di Gorontalo Diterjang Banjir

Kondisi Kecamatan Bone di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo yang tengah diterjang banjir, pada hari ini (22/8/2022).
Kondisi Kecamatan Bone di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo yang tengah diterjang banjir, pada hari ini (22/8/2022).

Gemapos.ID (Jakarta) - Hujan deras yang melanda wilayah Bone Pesisir dan meluapnya Sungai Taludaa menyebabkan Kecamatan Bone di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo diterjang banjir, pada hari ini (22/8/2022).

Diketahui, sejumlah fasilitas pemerintahan, seperti Kantor Camat Bone dan rumah warga di wilayah tersebut terendam air, diantaranya Desa Taludaa dan Desa Masiaga.

"Hujan turun dari tadi malam dan mulai deras sekitar pukul 03.00 dini hari," kata Camat Bone, Kristianto Ruchban yang dikutip dari Antara.

Ia mengatakan langkah yang telah dilakukan, yakni mengevakuasi warga ke lokasi yang lebih aman, karena ketinggian air maupun banjir sudah mencapai 1,2 meter di Dusun Kali Bone Desa Masiaga. Bahkan kendaraan tidak bisa melewati akses jalan di desa tersebut.

"Jadi warga di sana kita evakuasi, karena akses jalannya sudah tidak bisa lagi dilalui kendaraan. Sedangkan untuk Desa Ilohuuwa, kami tidak bisa mengakses kesana karena tidak ada jaringan. Informasi terakhir bahwa jembatan darurat yang dibuat oleh masyarakat dari batang kelapa yang menghubungkan Dusun III dang pusat Desa Ilohuuwa, itu sudah hanyut terbawa banjir,” kata Kristianto.

Ia juga menjelasakan, hingga saat ini belum diketahui berapa jumlah rumah warga dan kepala keluarga yang terdampak banjir tersebut. 

"Untuk data yang terdampak banjir belum diketahui. Sementara masih dilakukan pendataan oleh aparat desa maupun kecamatan, sambil mengevakuasi warga yang terdampak," ujar Kristianto.

Kemudian ia menjelaskan hingga kini kondisi cuaca di wilayah Kecamatan Bone, masih diguyur hujan deras. Bahkan aliran listrik sudah padam dan kemungkinan jaringan telpon juga akan mati.

Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bone Bolango telah menerjunkan enam petugas dengan satu unit perahu fiber menuju lokasi.(ant/ra)