Bagaimana Kondisi Lalu Lintas di sekitar Istana Besok, Berikut Pengaturannya

Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya melakukan rekayasa lalu lintas di sekitar Istana Merdeka dan Istana Negara
Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya melakukan rekayasa lalu lintas di sekitar Istana Merdeka dan Istana Negara

Gemapos.ID (Jakarta) - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya melakukan rekayasa lalu lintas di sekitar Istana Merdeka dan Istana Negara guna pengamanan upacara peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI pada Rabu (17/8/2022). 

"Patung Kuda kita akan lakukan penutupan, Harmoni penutupan, Gambir juga dilakukan penutupan sehingga lingkungan Istana betul-betul steril dari lalu lintas," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman pada Selasa (16/8/2022). 

Sterilisasi jalur mulai dilakukan Ditlantas Polda Metro Jaya pada Selasa (16/8/2022) malam mulai pukul 21.00 WIB sampai selesai Upacara Penurunan Bendera Merah Putih pada Rabu (17/8/2022) sore. 

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menerjunkan 500 Polisi Lalu Lintas (Polantas) guna mencapai kelancaran lalu lintas di lokasi upacara dan kawasan lain yang terdampak oleh penutupan jalan.

Latif Usman memperkirakan penutupan jalan di sekitar Istana tidak akan menimbulkan kemacetan karena 17 Agustus adalah hari libur nasional.

"Besok hari libur mudah-mudahan arus lalu lintas tidak terlalu padat, ini yang menguntungkan kita. Masyarakat juga akan merayakan hari kemerdekaan di tempat masing-masing," ujarnya. 

Sebelumnya, Sekretariat Presiden (Setpres) telah mengumumkan penyelenggaraan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi dan Upacara Penurunan Bendera Merah Putih dengan kondisi seperti sebelum pandemi Covid-19.

Jadi, anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) akan diturunkan secara penuh sesuai formasi 17-8-45 pada dua sesi upacara tersebut.

Istana Merdeka juga akan menyelenggarakan kembali kirab atau arak-arakan Sang Saka Merah Putih dan Naskah Proklamasi dari Monumen Nasional (Monas). (ant/din)