7 Negara Pemilik Cadangan Batu Bara Terbesar di Dunia, Ada Indonesia loh!

Ilustrasi Tambang Batu Bara
Ilustrasi Tambang Batu Bara

Gemapos.ID (Jakarta) - Batu bara adalah salah satu sumber energi utama di dunia. Komoditas yang dijuluki sebagai emas hitam tersebut banyak dimanfaatkan sebagai bahan bakar industri hingga pembangkit listrik oleh banyak negara di seluruh dunia.

Amerika Serikat adalah negara yang berada di puncak daftar pemilik cadangan batu bara terbesar di dunia. Seperti yang dikutip dari laman Mining Technology, lebih dari seperlima dari total cadangan batu bara dunia berada di negeri tersebut.

Selain Amerika ada beberapa negara yang juga memiliki cadangan batu bara terbesar dunia loh! Yuk, simak berikut ini tujuh negara yang memiliki cadangan batu bara terbesar.

1. Amerika Serikat

Amerika Serikat memiliki cadangan batubara terbesar di dunia dengan total 254,19 juta metrik ton, setara dengan 22 persen atau lebih dari seperlima dari jumlah total batubara di dunia.

Cadangan batubara di Amerika Serikat tersebar di beberapa wilayah seperti Montana, Wyoming, Illinois, West Virginia, Kentucky, dan Pennsylvania. Wilayah tersebut menampung lebih dari tiga perempat dari total cadangan batubara di dunia.

2. Rusia

Pada posisi kedua ditempati oleh Rusia. Merujuk data Worldometer, negara terluas di dunia ini memiliki pasokan batu bara terbanyak setelah Amerika Serikat dengan jumlah total 176,77 juta metrik ton, atau sekitar 15 persen dari jumlah total batu bara di dunia.

Daerah utama penghasil batu bara di Rusia terdapat di Moskow, Pechora, Kuznetsk, Irkutsk, Kansk-Achinsk, dan Yakutsk Selatan. Penggunaan batubara di negara ini lebih dari dua pertiga jumlah produksi.

3. Australia

Cadangan batu bara di Australia sebesar 159,6 juta metrik ton, atau setara 14 persen dari total cadangan batu bara di dunia. Wilayah penghasil batubara di negara ini sebagian besar berada di New South Wales dan Queensland.

Hasil produksi batu bara di negara ini hanya sedikit digunakan, selebihnya diekspor sehingga menjadikan negara ini sebagai eksportir batu bara terbesar kedua di dunia.

4. China

Negara yang memiliki cadangan batu bara terbesar di dunia selanjutnya adalah China. Negara tirai bambu ini memiliki cadangan batu bara sebesar 149,8 juta metrik ton atau sekitar 13 persen dari total dunia.

Wilayah penghasil batubara terbanyak di China berada di provinsi Shanxi dan Mongolia Dalam. China merupakan produsen sekaligus konsumen batubara terbesar di dunia.

Produksi batubara di China mencapai 3,55 Bt batubara atau sekitar 46,7 persen dari total produksi batubara dunia. Sementara konsumsi batubara di negara ini lebih dari 50 persen dari total dunia.

5. India

Negara India memiliki cadangan batu bara sebesar 107,05 juta metrik ton, atau sekitar 9,4 persen dari total batu bara dunia. Cadangan batubara di negara ini terletak di negara bagian timur Jharkhand, Chhattisgarh, Orissa, dan Benggala Barat.

Sama seperti China, India merupakan produsen sekaligus konsumen batubara terbesar di dunia. India mengimpor batu bara sebanyak 12 persen dari total konsumsi batu bara dunia. Ini menjadikan India sebagai importir batu bara terbesar kedua di dunia setelah China.

6. Jerman

Jerman merupakan negara di benua Eropa yang memiliki cadangan batu bara terbesar dengan total 39,8 juta metrik ton atau sekitar 3,5 persen dari total batu bara dunia.

Wilayah penghasil batu bara di Jerman terletak di bagian Utara Rhine-Westphalia. Jerman memproduksi batubara sebanyak 1,2 persen dari total produksi batu bara dunia.

7. Indonesia

Indonesia merupakan negara kepulauan di benua Asia yang memiliki banyak sumber daya alam, termasuk batu bara. Jumlah cadangan batu bara di Indonesia tercatat sebanyak 34,8 juta metrik ton. Jumlah ini setara dengan 3,2 persen dari total batu bara dunia.

Wilayah utama penghasil batubara di Indonesia berada di Sumatera Selatan, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Selatan. Indonesia merupakan produsen batu bara terbesar keempat di dunia yang sebagian besar dipasok untuk kebutuhan pasar Asia termasuk China dan India.

Selain negara-negara ini, ada juga negara lain yang memiliki cadangan batu bara terbesar antara lain Ukraina, Afrika Selatan, Polandia, dan Kazakhstan. Nah, itulah daftar negara yang memiliki cadangan batubara terbesar di dunia.

Selain menjadi penghasil batu bara, negara-negara berikut dikenal juga sebagai pengguna terbesar di dunia.(cnn/ra)