SPAM Ciliwung Akan Suplai Air Bersih Langsung Minum?

Sungai Ciliwung. (net)
Sungai Ciliwung. (net)

Gemapos.ID (Jakarta) - Perumda PAM Jaya siap menyuplai air bersih langsung minum untuk warga DKI Jakarta mulai 2023 nanti. 

Komitmen ini bakal direalisasikan seiring dengan dibangunnya Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Sungai Ciliwung.

Direktur Pelayanan PAM Jaya, Syahrul Hasan mengatakan, untuk pertama kalinya pihaknya mengolah air Sungai Ciliwung hingga 200 liter per detik untuk kebutuhan masyarakat.

"SPAM Ciliwung ini akan melayani pelanggan di Kelurahan Rawa Jati, Pancoran, Duren Tiga, Cikoko dan Kelurahan Pejaten Timur," ujarnya, saat diskusi dengan wartawan di kawasan Ancol, seperti dikutip, Senin (1/8/2022).

Syahrul menuturkan, air bersih langsung minum harus diolah dengan standar ketat sesuai Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 492 tahun 2020 tentang Persyaratan Kualitas Air. 

Hingga kini, menuerutnya PAM Jaya terus berupaya memaksimalkan kemampuan untuk memenuhi kriteria yang ditetapkan pemerintah pusat untuk menyuplai air langsung minum tersebut.

"Nantinya, air yang telah diolah PAM Jaya ini bisa dinikmati 150.000 jiwa atau kurang lebih 15.000 sambungan rumah," bebernya.

Menurutnya, pelayanan ini diberikan untuk menjawab pertanyaan publik mengenai kehadiran Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta yang fokus pada penyediaan air. Pasalnya, nomenklatur dari perseroan ini awalnya adalah Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM).

"Kita adalah perusahaan air minum, tapi faktanya sejauh air ini tidak bisa langsung diminum. Kita ingin secara bertahap nantinya semua pelanggan PAM Jaya bisa menikmati layanan air bisa langsung minum ini," terangnya.

Syahrul menjelaskan, air yang diolah itu nantinya bisa langsung diminum karena menggunakan instalasi pipa baru. 

Beda halnya dengan air yang selama ini dialiri memakai pipa yang lama yang membuat kualitas air dari IPA menurun.

"Sebagai informasi PAM Jaya ini usianya 100 tahun dan panjang pipanya di Jakarta mencapai 12.000 kilometer. Usia pipanya ada yang sudah 100 tahun, namun ada juga yang sangat baru," ungkapnya.

Ia menambahkan, pihaknya juga berencana membangun SPAM Pesanggrahan yang airnya diperoleh dari Ciputat, Tangerang Selatan. Di sana PAM Jaya akan membuat intake untuk memasok air ke SPAM Pesanggrahan.

"Kami sudah beli lahan dan kami sedang melakukan proses DED (detail engineering design atau detail gambar kerja) pembangunan di tahun ini. Nanti tahun depan mudah-mudahan sudah bisa jadi seperti halnya SPAM Ciliwung, itu kurang lebih 750 liter per detik," tandasnya. (rk/rls)