Hari Ini, Vaksinasi Booster ke-2 untuk SDM Kesehatan Akan Mulai Diberikan

Ilustrasi: Pemberian vaksin Covid-19 booster kedua untuk nakes
Ilustrasi: Pemberian vaksin Covid-19 booster kedua untuk nakes

Gemapos.ID (Jakarta) - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akan mulai program vaksinasi virus corona (Covid-19) dosis keempat atau booster kedua yang berfokus bagi tenaga kesehatan (nakes) di Indonesia pada hari ini (29/7/2022).

Diketahui, pelaksanaan booster keempat nakes ini dilaksanakan serentak di fasilitas kesehatan masing-masing daerah.

Selain itu, kebijakan baru ini tertuang dalam Surat Edaran Nomor HK.02.02/C/3615/2022 tentang Vaksinasi Covid-19 Dosis Booster Ke-2 Bagi Sumber Daya Manusia Kesehatan yang diteken Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes Maxi Rein Rondonuwu, kemarin (28/7/2022).

"Mulai tanggal 29 Juli 2022 dapat dimulai pemberian vaksinasi Covid-19 dosis booster ke-2 bagi SDM kesehatan," kata Maxi.

Kemudian, ia menjelaskan bahwa vaksin yang dapat digunakan untuk dosis booster ke-2 ini adalah vaksin Covid-19 yang telah mendapatkan Persetujuan Penggunaan Dalam Kondisi Darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Selain itu, juga memerhatikan ketersediaan vaksin yang ada.

Selain itu, pemberian vaksinasi booster kedua tersebut diberikan kepada nakes di Indonesia dengan interval enam bulan sejak vaksinasi dosis booster pertama.

"Vaksinasi Covid-19 dosis booster ke-2 bagi SDM kesehatan dilakukan di fasilitas pelayanan kesehatan dan atau di pos pelayanan vaksinasi Covid-19," ujar Maxi.

Maxi melanjutkan, kebijakan baru ini merupakan bentuk perlindungan pada nakes lantaran mereka merupakan kelompok yang memiliki risiko tinggi terpapar Covid-19.

Tak hanya itu, ia juga mengatakan bahwa Kemenkes mempertimbangkan semakin banyaknya jumlah nakes yang terpapar Covid-19 belakangan ini. Kemudian, Kemenkes sudah mendapatkan rekomendasi dari Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional (ITAGI) sehingga dipastikan keamanannya.

Sementara itu, pertimbangan lain pemerintah memberikan vaksinasi dosis keempat pada nakes, karena hasil penelitian mengungkapkan imunitas yang didapatkan dari seseorang bisa menurun 6-8 bulan pasca pemberian vaksin Covid-19. Sedangkan, para nakes sudah mulai mendapat vaksinasi dosis ketiga sejak akhir Juli 2021 lalu.(cnn/ri)