Kondisi Terakhir Dugaan Kebocoran Pipa Gas di Jalan MT Haryono Tebet

Polsek Tebet sedang menyelidiki dugaan kebocoran pipa gas Perusahaan Gas Negara (PGN) di Jalan MT Haryono, Jakarta Selatan, yang berdekat Stasiun Cawang.
Polsek Tebet sedang menyelidiki dugaan kebocoran pipa gas Perusahaan Gas Negara (PGN) di Jalan MT Haryono, Jakarta Selatan, yang berdekat Stasiun Cawang.

Gemapos.ID (Jakarta) - epolisian Sektor (Polsek) Tebet sedang menyelidiki dugaan kebocoran pipa gas Perusahaan Gas Negara (PGN) di Jalan MT Haryono, Jakarta Selatan, yang berdekat Stasiun Cawang.

"Untuk lebih lanjut saya belum bisa mengatakan apa-apa karena masih dalam proses penyelidikan," kata Kapolsek Tebet Kompol Chitya Intania Kusnita pada Rabu (20/7/2022). 

Kebocoran pipa terjadi sekitar 30 menit, tapi tidak terjadi korban jiwa dan percikan api. Namun, para pekerja tidak melanjutkan pekerjaan dan menutup area tempat terjadi kebocoran gas.

"Untuk sementara diistirahatkan dulu pengerjaannya, disterilkan dulu," ujarnya. 

Sementara itu pengemudi ojek online Zulkarnaen yang melihat dugaan kebocoran pipa gas mengatakan sekitar pukul 11.00 WIB terlihat asap putih membubung. Hal ini berlanjut dengan semburan tanah terlihat dari lokasi asap yang membubung tersebut.

Saat itu dia dan rekan-rekannya sedang menunggu pelanggan di pangkalan ojek online sekitar Stasiun Cawang.

"Kaget, takut juga. Saya sampai ninggalin motor. Alat berat lagi gali terus asap keluar. Lumayan lama tadi, sekitar dua jam (sejak pukul 11.00 WIB)," ucapnya.

Sebelumnya, Kepolisian Resor Metropolitan Jakarta Selatan (Polrestro Jaksel) sempat mengalihkan lalu lintas di Jalan MT Haryono akibat pipa gas bocor pada pukul 11.45 WIB.

"Daerah Pancoran dibelokkan ke kiri arah ke Tebet atau ke kanan arah Pasar Minggu," ucap Kasat Lantas Polres Metro Jakarta Selatan Kompol Edi Suprianto/ 

Peristiwa itu sempat menimbulkan kemacetan, sehingga polisi harus membagi dua arus lalu lintas yakni kanan dan kiri di perempatan Pancoran.

Pada pukul 14.01 WIB arus lalu lintas sudah kembali normal di sebelah Timur dan bisa dilewati kendaraan roda dua maupun roda empat.

Kanit Lantas Polsek Tebet, AKP Estu mengungkapkan pipa gas bocor menutup arah dari Stasiun Cawang sehingga diarahkan ke Tebet Eco Park, Pancoran, dan Tebet Raya.

Kebocoran ini  menimbulkan suara yang keras, sehingga terpaksa dilakukan penutupan jalan agar pengendara tidak terganggu.

Estu mengutarakan Polsek Tebet bertugas mengarahkan anggota  untuk mengatur lalu lintas di sekitar kawasan.

"Sementara petugas yang ada di layang Pancoran, Tebet, Kalibata, dan Cawang bertugas melakukan sterilisasi," ucapnya.

Sampai sekarang polisi belum bisa mengungkapkan penyebab bocornya pipa gas di kawasan Tebet. (ant/moc)