Kamu Ingin Ubah Pola Hidup Lebih Sehat? Simak 5 Alternatif Bahan Makanan Berikut Ini!

Ilustrasi: Minyak zaitun dan telur
Ilustrasi: Minyak zaitun dan telur

Gemapos.ID (Jakarta) - Apakah kamu ingin hidup lebih sehat dengan mengubah pola makan? Kalau begitu, kamu bisa coba dengan konsumsi bahan makanan rendah lemak. Menghindari makanan dengan kandungan lemak tinggi bukan berarti hidangan yang dimakan jadi tak enak. Kamu hanya perlu mengganti bahan makanan yang biasa kamu gunakan memasak dengan bahan makanan rendah kalori dan lemak. Penasaran? yuk, simak berikut ini daftar alternatif bahan makanan rendah kalori dan lemak untuk hidup lebih sehat!

1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun yang berkualitas memiliki kadar lemak tak jenuh yang tinggi dan justru menyehatkan. Satu studi bahkan menunjukkan kalau minyak zaitun bisa mempengaruhi hormon serotonin yang menyebabkan rasa puas, alias mencegah kita dari keinginan untuk terus makan!

Dari keperluan sebatas untuk salad dressing hingga tumis menumis, minyak zaitun adalah pilihan yang bijak. Gunakan yang satu ini sebagai pengganti mentega ataupun margarin. Resep simpel berupa tumisan daging ataupun sayur juga menjadi tidak kalah lezatnya. Ataupun ketika membuat saus pasta dan kentang tumbuk yang bisa menggantikan fungsi mentega.

2. Zucchini

Karena popularitasnya, zoodles atau zucchini noodles ternyata bisa diaplikasikan dalam sebagai elemen dalam salad ataupun kreasi makanan lainnya sebagai pengganti mie. Meskipun teksturnya renyah dan tidak sebagaimana seharusnya mie pada umumnya, zucchini malah memiliki kandungan gizi yang sangat baik. Selain kaya akan vitamin C, zucchini juga mengandung serat dan potassium. Sungguh contoh yang menarik sebagai makanan rendah lemak!

3. Putih Telur

Telur adalah protein yang hampir semua orang suka dan nyatanya, menghindari kuning telur tidaklah sesulit itu. Misalkan saja pada proses membuat kue atau baking, rasio standarnya sebagai pengganti 1 butir telur utuh adalah putih telur yang diambil dari 2 butir telur.

Untuk kita yang menyenangi telur matang sebagai sarapan pagi, baik dinikmati dengan hanya cocolan garam ataupun bersama seporsi nasi, maka cukup singkirkan bagian kuning telurnya. Dijamin rasanya tidak terlalu banyak berubah. Apalagi ketika disantap bersama salad yang kaya dengan banyak bahan lainnya.

4. Kembang Kol

Zaman sekarang, kembang kol bisa dimanfaatkan sebagai alternatif sehat dari karbohidrat berat seperti nasi ataupun kentang. Sebagai pengganti kentang, kembang kol bisa dimanfaatkan dalam bentuk hash brown. Begitupun untuk nasi, kembang kol cukup dihancurkan saja maka teksturnya seperti menyerupai nasi. Salah satu resep yang menarik yang bisa kamu coba adalah nasi goreng kembang kol gaya Korea.

Jadi jangan malu-malu ketika bertemu dengan kembang kol. Langsung saja diborong dan ciptakan kreasi masakan sehat di rumah!

5. Pisang

Pisang bisa berfungsi sebagai pengganti es krim! Ya, betul es krim, yang sangat lezat namun penuh dengan gula. Hanya bedanya dengan pisang, kita mendapatkan manfaat kesehatan dari folat, vitamin C, dan tentunya potassium.

Caranya sendiri begitu mudah! Pisang hanya cukup untuk dibekukan dan kemudian dibuat menjadi puree. Ingin bereksperimen dengan rasa lainnya? Haluskan dengan food processor setelah dibekukan, kemudian tambahkan cocoa powder tanpa gula. Rasanya seperti es krim soft serve!

Tidak hanya untuk es krim, puree pisang bisa dimanfaatkan juga sebagai pengganti mentega, minyak, dan juga gula. Pisang juga bisa diaplikasikan pada resep brownies, kukis, muffin, ataupun pancake. 

Makanan rendah lemak ternyata bisa dikreasikan menarik, bukan? Tunggu apa lagi? Yuk, kita mulai hidup sehat dengan mulai mengubah pola makan yang lebih sehat dan rendah lemak. Selamat mencoba!(mhi/ri)