Parlemen Remaja 2022 Segera Dimulai, Simak Jadwal Pendaftarannya

Gedung DPR-MPR RI, Senayan, Jakarta. (net)
Gedung DPR-MPR RI, Senayan, Jakarta. (net)

Gemapos.ID (Jakarta) - Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR RI kembali akan menggelar event tahunan yaitu Parlemen Remaja yang akan digelar secara tatap muka. 

Kepala Biro Protokol dan Humas Setjen DPR RI Suratna, menyebut Parlemen Remaja wadah pembelajaran politik bagi generasi muda khususnya pelajar tingkat SMA dan sederajat.

“Para peserta Parlemen Remaja belajar secara langsung dinamika perpolitikan di tanah air secara komprehensif. Sehingga mereka dengan sendirinya akan menyadari pentingnya berdemokrasi secara benar,” terang Suratna di Gedung DPR RI, Selasa (19/7/2022). 

Setelah 2 tahun dilaksanakan secara daring (virtual), sambung Suratna, perhelatan Parlemen Remaja 2022 ini akan dilangsungkan secara luring (luar jaringan) atau tatap muka langsung. 

“Dengan tatap muka, para peserta dapat lebih merasakan atmosfer sebagai Anggota Dewan sesungguhnya," tutur Suratna.

Pada tahun ini Parlemen Remaja mengusung tema "Generasi Sadar Privasi, Dataku Tanggung Jawabku". Menurut Suratna tema itu sesuai dengan fenomena yang sedang marak terjadi.  

“Pada momen ini, calon peserta akan turut mensimulasikan pembahasan Rancangan Undang-Undang tentang Pelindungan Data Pribadi (RUU PDP),” tandasnya.

Sementara itu, Kabag Humas Setjen DPR RI Minarni menyampaikan, puncak Parlemen Remaja akan diselenggarakan pada 10-14 Oktober 2022. 

Dimana, proses pendaftaran peserta akan dimulai pada tanggal 19 Juli - 19 Agustus 2022 di website https://parlemenremaja.dpr.go.id/.

“Setelah proses pendaftaran, Tim Panitia akan menyeleksi Calon Anggota Parlemen Remaja 2022 dan akan diumumkan pada tanggal 30 Agustus 2022,” terang Minarni. 

Minarni menyebut, Parlemen Remaja selalu menghadirkan animo yang besar dari generasi muda. Tiap tahunnya, tak kurang dari 5.000 pelajar yang mendaftar untuk menjadi Anggota Parlemen Remaja. 

“Jejaring alumni Parlemen Remaja juga turut andil dalam mempublikasikan seluas-luasnya kepada calon peserta Parja,” pungkasnya. (rk/rls)