Berikut Ini Keterangan KNKT Tentang Kecelakaan Truk Tangki BBM Pertamina, Apa Saja?

Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) melakukan investigasi kecelakaan truk tangki BBM Pertamina Patra Niaga di Jalan Raya Alternatif Transyogi Cibubur
Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) melakukan investigasi kecelakaan truk tangki BBM Pertamina Patra Niaga di Jalan Raya Alternatif Transyogi Cibubur

Gemapos.ID (Jakarta) - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) melakukan investigasi kecelakaan truk tangki BBM Pertamina Patra Niaga di Jalan Raya Alternatif Transyogi Cibubur, Jatirangga, Jatisampurna, Kota Bekasi, Jawa Barat (Jabar). 

"Kita periksa kendaraan, kemudian kita juga akan mengukur jalan ini, selopnya berapa, panjang landai tipisnya berapa, terus ada isu mengenai traffic light juga, nanti kita amati dan analisa," kata Senior Investigator KNKT Ahmad Wildan pada Selasa (19/7/2022). 

KNKT juga akan meminta keterangan dari sopir truk tangki BBM tentang penyebab tabrakan beruntun.

"Kita lakukan evaluasi komprehensif untuk menarik kesimpulan. Jadi, nanti kita akan menganalisa secara holistik semuanya. Kita terfokus pada kejadian di titik itu, atau bisa jadi melebar kemana, tapi kita belum tahu," tuturnya.  

Ahmad Wildan mengaku sampai sekarang temuan KNKT masih bersifat kualitatif, sehingga pihaknya belum dapat memberikan kesimpulan atas peristiwa kecelakaan tersebut. 

"Ada yang menyatakan rem blong, turunan panjang, di sini sering terjadi kecelakaan, ada yang bilang traffic light. Itu yang nanti kita analisa, kita hitung, detil, sehingga secara saintifik bisa menjelaskan bagaimana kecelakaan ini terjadi," ucapnya/ 

Penyelidikan kecelakaan truk tangki BBM Pertamina Patra Niaga dijanjikan tidak membutuhkan waktu lama. 

"Kalau ini kan bukan hal yang sulit ya, jadi mudah-mudahan secepatnya. Saya akan periksa kendaraan dan wawancara pengemudi dahulu. Mungkin satu sampai dua hari sudah punya gambaran apa yang terjadi," tuturnya. (ant/mau)