Singgung Krisis Dunia, Berikut Pesan Jokowi ke Perwira Remaja TNI-Polri

Upacara Praspa TNI-Polri Tahun 2022, Kamis (14/07/2022), di Halaman Istana Merdeka, Jakarta. (sumber: setpres)
Upacara Praspa TNI-Polri Tahun 2022, Kamis (14/07/2022), di Halaman Istana Merdeka, Jakarta. (sumber: setpres)

Gemapos.ID (Jakarta) - Presiden Jokowi berharap agar para perwira remaja Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) menjadi yang terdepan dalam menghadapi tantangan zaman, ketidakpastian dunia, serta berbagai krisis yang datang.

Hal tersebut disampaikan Presiden Joko Widodo dalam amanatnya saat menjadi inspektur Prasetya Perwira (Praspa) TNI-Polri Tahun 2022, di Halaman Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (14/7/2022).

“Saya berharap kepada Saudara-saudara untuk menjadi yang terdepan menghadapi tantangan zaman, menghadapi dunia yang penuh dengan ketidakpastian, menghadapi krisis yang datang bertubi-tubi,” ujar Presiden.

Jokowi menyampaikan, pandemi Covid-19 sudah dua tahun melanda duni dan masih belum selesai. 

Tak hanya itu, dunia juga dihadapkan pada berbagai krisis, mulai dari krisis pangan, krisis energi, hingga krisis finansial. 

Krisis tersebut telah mengakibatkan ratusan juta rakyat dunia kelaparan dan jatuh ke jurang kemiskinan ekstrem. Sebagian belahan dunia juga dilanda perpecahan bahkan peperangan, dihantui instabilitas politik, serta dibayang-bayangi radikalisme dan terorisme.

“Kita bersyukur bangsa Indonesia adalah bangsa yang kokoh. Kita mempunyai Pancasila yang mempersatukan Indonesia. Kita mampu mengendalikan pandemi dan menjaga stabilitas ekonomi. Bahkan, kita juga mampu, masih mampu menjalankan program-program baru,” ujarnya.

Bahkan di tahun 2022 ini, Presiden menambahkan, Indonesia dipercaya memegang presidensi G20, kumpulan 20 negara ekonomi terbesar dunia. Presiden pun menekankan bahwa Indonesia akan memanfaatkan momentum G20 ini untuk membangun ketertiban dunia dan kesejahteraan bersama.

“Kita sudah memulai dengan kunjungan saya ke Ukraina dan Rusia bulan yang lalu. Upaya ini akan terus kita lakukan dengan harapan akan membuahkan hasil di KTT G20 November yang akan datang di Bali,” ujarnya.

Kepada para perwira remaja TNI-Polri, Presiden juga mengingatkan bahwa mereka adalah generasi penerus harapan bangsa, untuk melanjutkan misi membawa Indonesia menjadi negara maju yang tumbuh secara inklusif, berkeadilan, dan berkelanjutan.|

“Saudara-saudara adalah masa depan TNI dan Polri. Saudara harus cakap memahami masa depan, memahami strategi pertahanan masa depan, menghadapi tantangan masa depan, menguasai teknologi masa depan, pandai dan berketerampilan sesuai dengan kebutuhan masa depan,” kata Presiden.

Kepala negara juga menyampaikan bahwa dengan pelantikan ini, merupakan saatnya para perwira remaja untuk menunjukkan prestasi sebagai ksatria yang tangguh. Presiden berpesan agar para perwira remaja menunjukkan integritas dan loyalitas kepada masyarakat, bangsa, dan negara.

“Tunjukkan kemampuan Saudara-saudara untuk selalu berhasil menjalankan tugas. Jadilah pemimpin yang berkarakter, menjadi sumber inspirasi dan teladan, mengedepankan integritas dan kepentingan negara di atas segala-galanya, mengasah kualitas dan profesionalisme diri, menjaga nilai-nilai saptamarga, Sumpah Prajurit, 8 Wajib TNI, Tribrata, dan Catur Prasetya Polri, mengabdi untuk Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika,” kata Kepala Negara.

Presiden juga mengingatkan bahwa kehormatan yang diraih para perwira remaja TNI-Polri hari ini bukanlah hasil jerih payah mereka sendiri tetapi juga dengan pengorbanan dari para orangtua dan dukungan negara.

“Oleh karena itu berjanjilah kepada Ibu Pertiwi untuk memberikan yang terbaik untuknya, berbaktilah kepada orangtua saudara untuk mohon doa dan restunya. Selamat bertugas para patriot muda Indonesia. Jagalah kehormatan dirimu sebagai perwira TNI-Polri. Teruslah berjuang untuk negeri tercinta. Berdirilah di Garda terdepan mengawal Pancasila dan NKRI. Buatlah orang tuamu bangga, buatlah Indonesia berjaya,” ujarnya. (rk/rls)