Polisi Amankan ASN Nduga Pemilik 615 Butir Amunisi untuk KKB

Ilustrasi: Peluru dan senjata api
Ilustrasi: Peluru dan senjata api

Gemapos.ID (Jakarta) - Seorang ASN berinisial AM yang bertugas di Kabupaten Nduga, Elelim, KabupatenYalimo, Papua, ditangkap polisi karena memiliki 615 butir amunisi berbagai kaliber dan satu senjata api rakitan yang diduga akan dipasok ke KKB pimpinan Egianus Kogoya, pada kemarin malam (29/6/2022).

Hal tersebut disampaikan Direskrimum Polda Papua Kombes Faizal Rahmadani di Jayapura, hari ini (30/6/2022).

"Memang benar ada penangkapan terhadap seorang ASN dari Kabupaten Nduga yang diduga sebagai pemasok amunisi ke KKB Nduga," katanya.

Faizal menjelaskan penangkapan yang dilakukan anggota Polres Yalimo berawal ketika mencurigai seorang masyarakat yang sedang mengendarai sepeda motor.

Kemudian, ia mengatakan saat dihentikan dan dilakukan pemeriksaan ternyata membawa 615 butir amunisi dengan berbagai kaliber serta sepucuk pistol FN rakitan.

Saat ini AM sudah dibawa ke Wamena untuk diperiksa lebih lanjut karena yang bersangkutan masuk dalam jaringan kelompok KKB Nduga. Sedangkan, penyidikan akan terus dilakukan guna mengungkap jaringan kelompok tersebut guna mengungkap asal amunisi tersebut.

Faizal menambahkan, ada indikasi KKB kekurangan amunisi sehingga para penghubung kini mencari amunisi dan senjata api.

Sementara itu, polisi belum mengetahui asal ratusan amunisi itu namun diduga berasal dari luar Kabupaten Yalimo yang dibeli seharga Rp200 ribu per butir, jelas Kombes Faizal.(ant/ar)