Jokowi dan Rombongan Menuju Kyiv Gunakan Kereta Luar Biasa

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana bertolak menuju Kyiv menggunakan kereta api luar biasa, Selasa (28/6/2022) malam waktu setempat. (sumber: setpres)
Presiden Jokowi dan Ibu Iriana bertolak menuju Kyiv menggunakan kereta api luar biasa, Selasa (28/6/2022) malam waktu setempat. (sumber: setpres)

Gemapos.ID (Jakarta) - Dari peron 4 Stasiun Przemysl Glowny di Kota Przemysl, Polandia, kereta yang membawa Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Iriana beserta rombongan terbatas berangkat menuju Kyiv di Ukraina, Selasa (28/6/2022) tepat pada pukul 21.15 waktu setempat.

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana menggunakan kereta luar biasa yang disiapkan oleh Pemerintah Ukraina sebagaimana digunakan pula oleh pemimpin negara yang berkunjung ke Ukraina beberapa waktu lalu.

Presiden dan rombongan diperkirakan tiba di Kyiv, ibu kota Ukraina keesokan harinya. Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana antara lain Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi dan Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung.

Dalam keterangannya di Munich, Senin (27/06/2022), Menlu Retno Marsudi mengatakan, Presiden akan ke Ukraina melalui Polandia. Retno mengaku masih terus menjalin komunikasi intensif dengan berbagai pihak dalam rangka kunjungan Presiden ke Ukraina dan Rusia.

“Presiden akan meneruskan perjalanan ke Ukraina melalui Polandia. Saya juga melakukan komunikasi intensif dengan berbagai pihak dalam rangka kunjungan Bapak Presiden ke Ukraina dan ke Rusia. Tentunya komunikasi ini terus kita lakukan dengan Ukraina dan Rusia sendiri,” ucap Retno.

Pengaturan agenda kunjungan Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Jokowi beserta rombongan terbatas ke Ukraina tentunya sudah dipersiapkan sangat matang, namun tentu saja pengaturan tersebut bersifat fleksibel menyesuaikan setiap dinamika kondisi di lapangan. (rk/rls)