Sidak Harga Minyak Goreng di Pasar Klender, Mendag Borong Dagangan

Saat Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan lakukan inspeksi mendadak (sidak) pasokan dan harga minyak goreng curah di pasar Klender
Saat Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan lakukan inspeksi mendadak (sidak) pasokan dan harga minyak goreng curah di pasar Klender

Gemapos.ID (Jakarta) - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan lakukan inspeksi mendadak (sidak) pasokan dan harga minyak goreng curah sekaligus memborong dagangan para penjual di Pasar Klender Jakarta Timur, hari ini (22/6/2022).

Saat mengecek harga pangan, terlihat, Menteri yang akrab disapa Zulhas tersebut membeli ayam, tempe, cabai, kue jajanan pasar, hingga daging sapi di Pasar Klender Jakarta Timur.

Adapun dangangan yang diborong itu, lima ekor ayam yang dijual seharga Rp38 ribu per ekor. Selain itu, Zulhas juga membeli 1 kg cabai merah keriting seharga Rp90 ribu, 1 kg cabai rawit merah Rp120 ribu, dan 1 kg tomat Rp20 ribu.

Kemudian, Mendag juga memborong kue jajanan pasar untuk awak media yang meliput, tempe, dan 2 kg daging sapi seharga Rp150 ribu per kg. 

Tak hanya itu, Zulhas bahkan melebihkan uang belanja dari harga yang seharusnya dibayar.

"Kue semuanya berapa? Rp60 ribu? Ini saya tawar Rp200 ribu aja ya," kata Zulhas membayar kue jajanan pasar seharga Rp60 ribu dengan uang tunai Rp200 ribu.

Sementara itu, ia mengatakan saat ini harga cabai keriting merah mulai turun dari yang sebelumnya Rp120 per kg menjadi Rp90 ribu per kg. Hal itu dikarenakan intervensi yang dilakukan pemerintah dengan mendistribusikan cabai dari luar Pulau Jawa ke Jakarta.

Selain itu, Mendag juga berbincang dengan pedagang daging yang mengeluhkan omzet penjualannya menurun dikarenakan naiknya berbagai komoditas pangan.

"Penjualan menurun, karena harga-harga pada naik, orang jadi nggak beli daging dulu," kata salah satu pedagang daging di Pasar Klender, Ruyat.(ant/pa)