Cegah Kenaikan COVID-19, Yayasan BUMN Berikan Bantuan Alkes Senilai Rp5,2 M

Yayasan BUMN Untuk Indonesia memberikan bantuan alkes berupa Oxygen Concentrator dan Ventilator kepada Dinkes Kepri dan Perkumpulan Budi Kemuliaan
Yayasan BUMN Untuk Indonesia memberikan bantuan alkes berupa Oxygen Concentrator dan Ventilator kepada Dinkes Kepri dan Perkumpulan Budi Kemuliaan

Gemapos.ID (Jakarta) - Yayasan BUMN Untuk Indonesia berikan bantuan alat-alat kesehatan berupa 15 unit oxygen concentrator dan 10 unit ventilator senilai Rp5,2 miliar kepada Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau dan Perkumpulan Budi Kemuliaan.

Diketahui, alat-alat kesehatan itu sebelumnya telah didonasikan oleh Benevolence Charity Hall Ltd. Hongkong dan Pemerintah Kota New York Amerika Serikat kepada Yayasan BUMN Untuk Indonesia.

Hal tersebut disampikan oleh ketua Yayasan BUMN Untuk Indonesia, Harjawan Balaningrath di Bogor, hari ini (20/6/2022).

"Kami menyerahkan alat-alat kesehatan itu kepada kedua lembaga dalam upaya untuk pencegahan kenaikan kembali angka positif COVID-19," kata Harjawan Balaningrath, mewakili Menteri BUMN Erick Thohir.

Adapaun, penyerahan bantuan alat-alat kesehatan tersebut berlangsung di Bandara Hang Nadim, Batam, Kepulauan Riau, kemarin (19/6/2022). 

Proses penyerahan dilakukan langsung Ketua Yayasan BUMN Untuk Indonesia Harjawan Balaningrath, serta didampingi Direktur Eksekutif Yayasan BUMN Untuk Indonesia Syafuan.

Selain itu, dari kedua lembaga penerima hadir Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau Mohammad Bisri dan Ketua Perkumpulan Budi Kemuliaan Kota Batam Sri Soedarsono. Kemudian hadir juga Kepala Bapenda Kota Batam Petit Pamungkas.

Pada kesempatan yang sama, Harjawan menyampaikan harapan-harapannya terhadap bantuan alat kesehatan yang telah diberikan.

"Jika terjadi kenaikan kasus positif COVID-19, saya harapkan bantuan alat kesehatan ini dapat bermanfaat bagi pelayanan kesehatan di Kepulauan Riau dalam upaya menurunkan angka kasus positif dan kematian akibat COVID-19," katanya.

Menurutnya, Yayasan BUMN mendukung pemerintah untuk dapat segera mengakhiri pandemi COVID-19 sehingga sektor ekonomi dapat tumbuh lebih optimal.

Meskipun, angka positif COVID-19 di Indonesia sudah sangat landai dalam beberapa bulan ke belakang ini, tak menjadi acuan bahwa kasus positif COVID-19 telah berakhir di Indonesia.

Kemudian, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau, Mohammad Bisri menyatakan, terima kasih atas bantuan tersebut.

"Sungguh luar biasa, Kepulauan Riau mendapatkan perhatian dari Yayasan BUMN Kami sangat berterimakasih atas bantuan yang dipercayakan kepada kami. Rencananya alat alat kesehatan ini akan kami distribusikan ke seluruh kota dan kabupaten di Kepulauan Riau,” katanya.

Sementara itu, Ketua Perkumpulan Budi Kemuliaan Kota Batam, Sri Soedarsono, juga menyatakan terima kasih.

"Dengan adanya bantuan ini, pasti akan kami memanfaatkan dengan sebaik-baiknya," katanya.(ant/pa)