Bisa Cegah Kangker, Ini Manfaat Penting Omega 3 Bagi Tubuh

Berbagai jenis makanan yang mengandung Omega 3
Berbagai jenis makanan yang mengandung Omega 3

Gemapos.ID (Jakarta) - Omega 3 merupakan sejenis lemak yang tidak dihasilkan oleh tubuh kita. Sebagai lemak esensial, manusia membutuhkan asupan tersebut sebagai sarana mempertahankan hidup. Sumber omega 3 terbaik dan paling mudah didapat berasal dari ikan. Heart Association menyarankan agar kita mengonsumsi ikan setidaknya dua kali dalam seminggu, khususnya jenis ikan yang berlemak dan berasal dari perairan dingin.

Untuk jenisnya, apa sajakah jenis ikan yang memiliki kadar manfaat omega 3 paling tinggi? Yang paling terkenal pastilah ikan salmon dan tuna. Tak hanya itu, ada juga ikan sarden, mackerel, teri, ataupun seabass yang kini mudah ditemukan di supermarket. 

Selain itu, jenis ikan lainnya kebanyakan adalah produk impor seperti herring, trout, atau halibut. Kemudian, ada juga sumber omega 3 yang berasal dari produk nabati seperti kacang walnut (kenari), chia seed, ataupun flaxseed yang cukup populer dijadikan sebagai menu sarapan pagi sehat.

Nah, setelah mengetahui apa saja makanan yang mengandung omega 3, kamu juga perlu tahu apa saja manfaat omega 3 bagi tubuh. Penasaran? yuk, simak ulasannya berikut ini:

1. Membantu meningkatkan kualitas tidur

Salah satu yang menjadi fondasi kesehatan tubuh kita yakni, dengan cukup tidur. Sementara itu, kekurangan konsumsi omega 3 diasosiasikan dengan masalah kurang tidur pada anak-anak maupun dewasa.

Kemudian, studi lain menyebutkan bahwa justru konsumsi omega 3 yang cukup dapat meningkatkan durasi serta kualitas tidur. 

Dari hal tersebut, bisa disimpulkan bahwa sebaiknya kita rajin mengonsumsi suplemen atau makanan yang mengandung omega 3 agar dapat memperbaiki kualitas tidur.

2. Omega 3 membantu menjaga kesehatan jantung

Sakit jantung dan stroke adalah salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia. Sejak bertahun-tahun yang lalu, para ilmuwan telah mengamati bahwa penyakit jantung atau stroke lebih jarang diderita oleh masyarakat yang mengonsumsi ikan secara teratur. 

Selain itu, studi lanjutan juga menemukan bahwa konsumsi omega 3 bisa memperbaiki faktor-faktor penyebab masalah jantung. 

Misalnya seperti turunnya tingkat trigliserida (sejenis lemak dalam darah) yang berlebihan, menurunkan tekanan darah tinggi, meningkatkan HDL atau level kolesterol baik, mengurangi peradangan, plak dalam arteri, hingga penyumbatan darah.

3. Mengurangi peradangan dalam tubuh

Terjadinya peradangan adalah tanda bahwa tubuh kita tengah melakukan perlawanan terhadap infeksi. Bahayanya, peradangan kronis ini dapat berkontribusi pada terjadinya sakit jantung ataupun kanker. Kabar baiknya, beberapa studi menyebutkan peranan omega 3 dalam mengurangi produksi molekul yang dapat menyebabkan terjadinya peradangan.

4. Omega 3 bisa berperan untuk mencegah kanker

Di antaranya ada beberapa studi yang menyebutkan bahwa mereka yang mengonsumsi omega 3 lebih rutin telah turun resiko kanker ususnya sebesar 55%.

Sementara itu, ada juga yang menyebutkan bahwa omega 3 berperan juga dalam menurunkan resiko kanker prostat serta kanker payudara, meskipun beberapa studi mengenai hal tersebut belum terbuktikan lebih jauh.

Selain yang empat manfaat tersebut, manfaat omega 3 juga ternyata dikaitkan dengan kesehatan mental, tumbuh kembang otak anak saat ibu hamil maupun di usia awal, serta bahkan bisa mengurangi resiko autoimun. 

Manfaat-manfaat tersebut akan membantu kesehatan kita dalam jangka waktu yang panjang. Yuk, penuhi kebutuhan harianmu dengan berbagai vitamin dan nutrisi baik untuk kesehatan!(mhu/ra)