Pencinta Ikan Harus Tahu, Ini Manfaat Ikan Kembung yang Tak Kalah Dengan Salmon

Ilustrasi: olahan ikan mackerel
Ilustrasi: olahan ikan mackerel

Gemapos.ID (Jakarta) - Meskipun namanya kalah populer dibandingkan ikan salmon, siapa yang menyangka kalau ikan yang satu ini justru punya banyak manfaat? Ikan kembung, atau lebih dikenal luas sebagai ikan mackerel, merupakan jenis ikan yang disantap hampir di seluruh dunia. Tersedia di seantero dunia karena keluarga mackerel begitu besar dan beragam. 

Ikan kembung ini mudah untuk didapat, murah, dan bisa diolah menjadi bermacam-macam masakan. Bahkan manfaat ikan kembung untuk kesehatan tubuh ternyata begitu banyak. Yuk, kita bahas apa saja kandungan dan manfaat ikan kembung bagi tubuh!

Secara umum, ikan kembung memiliki kandungan protein yang tinggi dan merupakan salah satu jenis ikan yang berlemak. Inilah mengapa ikan kembung tidak kalah dengan ikan salmon karena kaya akan kandungan omega-3 dan asam lemak esensial yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Omega-3 adalah sejenis lemak penting yang tidak dihasilkan oleh tubuh kita dan sumber terbaiknya paling mudah didapatkan dari ikan-ikan jenis tertentu.

Untuk lebih lengkapnya, mari kita simak beberapa berikut ini di antaranya!

1. Dipercaya dapat meningkatkan imunitas tubuh

Kehadiran lemak esensial omega-3 berfungsi sebagai pencegah inflamasi, arthritis, dan juga membantu menurunkan resiko kanker dan penyakit jantung. Selain itu, kehadiran i (koenzim Q10) yang terdapat dalam ikan kembung merupakan zat antioksidan yang dapat mencegah infeksi dan melawan radikal bebas.

2. Membantu melawan depresi

Satu jurnal yang diterbitkan CNS Neuroscience & Therapeutics menampilkan hasil dari tiga studi berbeda dan menunjukkan bahwa kandungan omega-3 dapat menurunkan simtom depresi hingga 50%. Ini berkaitan dengan depresi ataupun gangguan bipolar.

3. Memperkuat tulang

Keunggulan ikan yang berlemak seperti ikan kembung ataupun salmon adalah kandungan vitamin D yang tinggi. Nutrisi penting ini tidak mudah untuk didapat tanpa konsumsi atau suplemen yang khusus. Maka tak heran bila di dunia konon 50% populasinya mengidap defisiensi vitamin D.

Ikan kembung khususnya, memiliki kandungan tinggi tembaga, selenium, magnesium, mangan, kalsium dan zat besi. Kalsium dan fosfor membantu pertumbuhan tulang yang kuat. Hal ini menjadi teramat penting khususnya untuk wanita yang sudah menopause karena percepatan kerapuhan tulang bisa terjadi apabila asupan vitamin D kurang.

4. Sumber tambahan vitamin K

Sebagai salah satu jenis vitamin yang relatif kurang dikenal, vitamin K sebetulnya sangat dibutuhkan dalam tubuh untuk proses pembekuan darah. Namun tak hanya itu, asupan vitamin K penting agar bayi yang baru lahir tidak mengalami defisiensi. 

Selain itu vitamin K juga mencegah penyumbatan pada pembuluh dara h serta jaringan tubuh. Lebih jauhnya, vitamin K juga berperan untuk menguatkan tulang seperti halnya vitamin D.

Nah, itulah beberapa manfaat dari ikan kembung yang dibutuhkan oleh tubuh. Bagaimana? Apa kamu tertarik? Selamat mencoba!(mhi/ri)