Rakor 192 Kepala dan Wakil Kepala Daerah dari PDIP, Ngapain?

Peserta Rapat Koordinasi (Rakor) Kepala/Wakil Kepala Daerah yang diusung PDI Perjuangan di Sekolah Partai PDI Perjuangan, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Kamis (16/6/2022).
Peserta Rapat Koordinasi (Rakor) Kepala/Wakil Kepala Daerah yang diusung PDI Perjuangan di Sekolah Partai PDI Perjuangan, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Kamis (16/6/2022).

Gemapos.ID (Jakarta) - Sebanyak 192 Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah dari PDI Perjuangan mengikuti rapat koordinasi (rakor) yang digelar partai berlambang banteng moncong putih itu.

Di lokasi hadir sejumlah gubernur yang juga kader PDI Perjuangan, seperti Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Wali Kota Medan Bobby Nasution, dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. 

Selain itu, Wamendagri Wempi Wetipo yang baru dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga turut hadir di lokasi.

Rakor yang digelar di Sekolah Partai PDI Perjuangan, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Kamis (16/6/2022) itu juga diikuti Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri secara virtual.

"Sebanyak 192 kepala daerah dan wakil kepala daerah tingkat provinsi, kota, dan kabupaten diundang dalam acara," ujar Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto.

Dalam pertemuan rakor itu, Hasto mengingatkan untuk para kader tidak terlalu heboh dengan dengan berbagai isu liar terkait Pemilu 2024.

“PDI Perjuangan sebagai partai ideologis, partai sukarnois demokrasi terpimpin yang punya sejarah panjang, kenyang makan asam garam dengan mekanisme partai, memberi mandat pada Ketum sehingga semua wajib disiplin,” terangnya.

Dalam pertemuan itu, Hasto menegaskan bahwa skala prioritas partai adalah konsolidasi menyeluruh, turun ke bawah bergerak bersama rakyat.

"Kalau mengaku kader partai, gerakan itu tunggal ke bawah bersama rakyat. Jalankan tugas di wilayah juangnya masing-masing, itu yang dilakukan dan kepemimpinan partai lahir dalam proses kaderisasi partai penugasan kader dan penugasan partai,” tegasnya.

Selain itu, Hasto juga kembali menegaskan PDI Perjuangan mendukung pemerintahan Presiden Joko Widodo hingga batas maksimal.

"Dukung pemerintahan Jokowi hingga mencapai legacy maksimum, itu prioritas kita," ujar Hasto.

Dalam kesempatan yang sama, Hasto mengumumkan PDI Perjuangan bakal menggelar rapat koordinasi nasional (rakornas) pada 21-23 Juni 2022 di lokasi ini. 

Rapat tersebut merupakan salah satu persiapan partai dalam Pemilu 2024.

"Akan diadakan rapat kerja nasional yang kedua tahun 2021 yang dilaksanakan pada 2022. Karena saat itu kita menghadapi pandemi," katanya.

Peserta yang hadir dalam rakor juga melakukan penandatangan surat pernyataan para kepala/wakil kepala daerah yang diusung PDI Perjuangan yang disaksikan oleh Ketua Umum Megawati.

Surat pernyataan yang berisi 12 poin itu berkaitan dengan perilaku yang harus dijaga sebagai seorang pemimpin atau kepala daerah untuk menjalankan ugas dan fungsinya dengan baik. (rk)