Batalyon Yonif 10/SBY Kirim 88 Prajurit ke Tiga Pulau di Perbatasan Kepri

Ilustrasi TNI yang bertugas di perbatasan
Ilustrasi TNI yang bertugas di perbatasan

Gemapos.ID (Jakarta) - Batalyon Infanteri 10/Satria Bhumi Yudha (Yonif 10/SBY) mengirimkan sebanyak 88 prajurit Marinir ke tiga pulau yang berada di daerah perbatasan wilayah barat Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Hal tersebut disampikan, Komandan Batalyon Infanteri Marinir 10/SBY, Letkol Mar Briand Iwan Prang usai pelepasan prajurit di Pelabuhan Batu Ampar, Batam Kepulauan Riau, hari ini (16/6/2022).

“Sebanyak 88 Prajurit Batalyon 10 Marinir diberangkatkan ke perbatasan laut wilayah barat, khususnya di pulau-pulau yang tidak berpenghuni. Prajurit Batalyon 10 ini akan mengamankan tiga pulau itu,” ujarnya.

Adapun, ketiga pulau yang ada di daerah perbatasan tersebut yakni, Pulau Berhala, Pulau Nipah dan di Pulau Sekatung.

“Mereka sudah dilatih sebelumnya dalam pra tugas, diberi bekal supaya bisa menjalankan tugas di tempat yang ibaratnya batu karang saja sulit tumbuh. Tapi karena Marinir, kehormatan dan semangatnya membuat mereka bisa tumbuh dan bisa melaksanakan tugas,” katanya.

Sedangkan untuk lama penugasan, Briand menjelaskan bahwa di TNI biasanya penugasan itu lamanya sekitar 6 sampai 12 bulan.

“Jadi kami akan menunggu kapan mereka akan kembali di antara 6 bulan sampai 12 bulan itu,” ungkapnya.

Sementara itu, ia juga berpesan kepada seluruh prajurit agar dalam bertugas untuk saling menjaga kesatuan dan diri sendiri, sehingga bisa pulang dengan aman.

“Harapan saya semoga kami saling mendukung, karena memberangkatkan orang sebanyak 88 itu sepertinya sedikit. Tetapi kompleksitas yang harus dihadapi cukup banyak,” ucapnya.(ant/ra)