Cara Membersihkan Perhiasan Perak Agar Kembali Cantik

Ilustraasi Perhiasan Perak
Ilustraasi Perhiasan Perak

Gemapos.ID (Jakarta) - Perhiasan merupakan salah satu barang yang disukai para wanita. Ada beragam jenis bahan perhiasan yang biasa dikoleksi mulai dari tembaga, kuningan, emas, dan yang paling banyak disukai yakni perak.

Dengan harga yang terjangkau serta warnanya yang lebih netral membuat perhiasan perak menjadi salah satu jenis perhiasan yang diminati.

Meski demikian, perak memiliki kekurangan yakni mudah kusam. Menanggapi permasalahan tersebut.

Salah seorang pengrajin sekaligus pembuat UMKM aksesoris perak yakni Wijayanto asal Yogyakarta WK Collection, membagikan cara mudah untuk merawat dan menghilangkan kusam di perhiasan perak.

"Bahannya mudah, kita cuma membutuhkan baking soda, garam, potongan alumunium foil, dan air hangat," kata Wijayanto membagikan bahan- bahan untuk membuat perhiasan perak kusam bisa kembali cantic, dikutip hari ini (16/6/2022).

Selanjutnya, setelah memiliki semua bahan yang disebutkan, langkah pertama yang harus dilakukan adalah memasukkan bahan- bahan berbentuk bubuk terlebih dahulu.

Untuk pembersihan satu kalung atau satu- dua cincin perak, anda cukup memasukkan setengah sendok teh baking soda dan setengah sendok teh garam ke sebuah wadah.

Kemudian, masukkan potongan alumunium foil dengan takaran secukupnya ke dalam wadah tersebut. Potongan alumunium foil bisa berbentuk kotak 2x 2 cm sebanyak 3 buah, atau bisa sesuai selera pengguna.

Terakhir, masukan air hangat, itu untuk membuat semua bahan- bahan menjadi aktif bekerja. Jangan terlalu banyak menuangkan air hangat, masukkan secukupnya dan buat cairan tersebut menjadi pekat.

Dengan begitu, proses pembersihan perhiasan perak pun bisa langsung dilakukan dengan memasukkan perhiasan ke dalam wadah berisi cairan pembersih sembari digoyang- goyangkan selama kurang lebih tiga menit.

"Proses pembersihannya tidak sampai 5 menit kok, setelah digoyang- goyang, perhiasan yang sudah dimasukkan bisa diambil da dicuci dengan sabun cuci piring. Dikeringkan dan setelah itu akan terlihat lebih bersih dan putih kembali," kata Wijayanto.

Sementara itu, ada beberapa macam perhiasan yang bisa dibersihkan dengan metode ini yakni kalung, anting, dan cincin. Jika anda memiliki perhiasan perak yang kusam, cobalah membersihkannya secara mandiri di rumah dengan cara ini. Selamat mencoba!(ant/ra)