Pemprov Papua Berharap GCF Dapat Merumuskan Pelestarian Hutan

Rapat regional Governor's Climate and Forest Task Force (GCF) Annual Meeting
Rapat regional Governor's Climate and Forest Task Force (GCF) Annual Meeting

Gemapos.ID (Jakarta) - Pemerintah Provinsi Papua berharap melalui rapat regional Governor's Climate and Forest Task Force (GCF) Annual Meeting dapat menghasilkan rumusan pelestarian dan perlindungan hutan di Bumi Cenderawasih.

Kemudian, Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Papua Muhammad Musa’ad di Jayapura, pada hari ini (15/6/2022), mengatakan pihaknya tetap komitmen untuk menjaga hutan tropis di dunia khususnya di Papua.

"Dengan adanya pertemuan tersebut untuk konsolidasi serta memastikan bagaimana komitmen kami untuk menjaga kelestarian hutan lingkungan dan hutan tropis yang ada di sekitar," katanya.

Selain itu, Musa’ad juga mengatakan, pihaknya berharap melalui rapat tersebut agar ada semacam kompensasi yang didapatkan oleh wilayah-wilayah menjaga hutan ini sehingga masyarakat mendapat jaminan kehidupan.

"Di Papua masih banyak masyarakat yang tinggal di hutan,untuk itu kami harapkan hal tersebut akan menjadi salah satu isu yang harus perjuangkan secara internal," ujarnya.

Kemudian, ia menjelaskan pihaknya juga berharap Provinsi Papua bisa menjadi pelopor yang ikut berkontribusi untuk menjaga hutan serta memberikan jaminan kehidupan bagi masyarakat yang terlibat dalam menjaga hutan tropis.

"Melalui pemerintah pusat kami harap ini akan bisa menyamakan pandangan karena tak hanya Indonesia tapi 37 negara dan provinsi yang ada di dunia harus berkoordinasi," katanya lagi.

Sementara itu, ia juga mengatakan semua punya komitmen yang sama untuk menjaga hutan tropis karena hal tersebut sudah terlihat banyak fenomena alam yang terjadi, salah satunya Deforestasi atau penggundulan hutan.(ant/pa)