Perbaiki PLTS, Satgas Yonif 126/KC Berhasil Atasi Kegelapan 120 KK Di Perbatasan Papua

Proses Perbaikan PLTS di wilayah perbatasan Papua tepatnya di Kampung Yabanda, Distrik Waris, Kabupaten Keerom
Proses Perbaikan PLTS di wilayah perbatasan Papua tepatnya di Kampung Yabanda, Distrik Waris, Kabupaten Keerom

Gemapos.ID (Jakarta) - Atasi kesulitan masyarakat di wilayah perbatasan Papua, Prajurit Satgas Pamtas Yonif 126/KC kembali berhasil memperbaiki Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang tidak berfungsi selama lebih setahun di Kampung Yabanda, Distrik Waris, Kabupaten Keerom, hari ini (15/06/2022).

Diketahui, PLTS yang telah dibangun pemerintah di wilayah perbatasan Papua saat ini kebanyakan dalam kondisi rusak dan sebagian besar tidak dapat beroperasi karena tidak adanya perawatan dan ketidak mampuan masyarakat untuk memperbaiki kerusakan.

Begitu pula dengan PLTS di Kampung Yabanda, karena telah mengalami kerusakan cukup lama maka mengakibatkan 120 KK di kampung tersebut tidak dapat menikmati listrik dan penerangan.

Dalam kondisi tersebut, aktivitas masyarakat sangat terganggu, anak-anak kesulitan belajar pada malam hari dan bahkan sebagian masyarakat harus mengeluarkan biaya mahal untuk membeli Genset yang semakin menambah beban kehidupan masyarakat. 

“Selama lampu mati kami bingung harus meminta bantuan ke siapa,” ujar Martin Wafner salah satu masyarakat di wilayah tersebut. 

Karena kondisi tersebutlah, Satgas Yonif 126/KC Letkol Inf Dwi Widodo, S.H.,M.Han. membentuk Tim yang dipimpin Danton Kom Letda Chb Surya Darmawan beserta 5 orang teknisi yang sudah berpengalaman memperbaiki PLTS Kampung Yabanda.

Tim perbaikan PLTS dengan tekad berbuat terbaik itu, melakukan perbaikan dengan memeriksa satu persatu komponen PLTS kemudian memperbaiki yang rusak.

“Beberapa perangkat pecharger batere PLTS sudah rusak kemudian kami perbaiki,” ujar Praka Rozi dan Sertu Riyan yang merupakan tim dari Pleton Komunikasi Satgas Yonif 126/KC.

Hingga akhirnya, setelah setahun masyarakat Kampung Banda hidup dalam kegelapan, kini masyaarakat kembali menikmati listrik dirumahnya setelah PLTS bisa beroperasi kembali. 

Kemudian, Komandan Satgas Yonif 126/KC yang berkunjung ke Kampung Yabanda menyerahkan kembali PLTS yang telah diperbaiki ke masyarakat yang diwakili kepala kampung.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Kampung Yabanda terimakasih kepada Satgas Yonif 126/KC karena kerja keras para Prajurit TNI seluruh masyarakat Kampung Banda dapat menikmati listrik kembali.

“Kami tidak bisa memberikan apa-apa, kami hanya bantu doa supaya Prajurit Satgas Yonif 126/KC selalu dilindungi Tuhan dalam melaksanakan tugas dan selalu berhasil,” ucapnya.

Sementara itu, Komandan Satgas Yonif 126/KC menyampaikan perbaikan PLTS ini merupakan upaya untuk membantu mengatasi kesulitan masyarakat perbatasan yang merupakan beranda terdepan NKRI. 

“Kami juga akan selalu membantu perawatan PLTS ini, karena masyarakat belum ada yang mempunyai kemampuan memperbaiki kalau rusak,” ujarnya.(prl/ra)