Said Iqbal: Buruh Dipastikan Tidak Ada yang Diamankan Polisi

saat situasi memanas karena massa tidak bisa melewati pagar gedung DPR lantaran dipasang kawat berduri dan dihadang polisi
saat situasi memanas karena massa tidak bisa melewati pagar gedung DPR lantaran dipasang kawat berduri dan dihadang polisi

Gemapos.ID (Jakarta) - Said Iqbal sebagai Presiden Partai Buruh, telah memastikan bahwa tidak ada peserta unjuk rasa dari pihak buruh yang diamankan polisi di depan Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Jakarta Pusat, hari ini (15/6/2022).

"Tidak ada konflik, tidak ada ditahan, semua akomodatif dan pihak kepolisian dan TNI koperatif," katanya.

Menurutnya, sejauh ini aksi demo berlangsung kondusif dan aman. Pihak kepolisian juga dinilai kooperatif selama menjaga jalannya demonstrasi.

Sebelumnya, terlihat ribuan peserta datang dari titik kumpul TVRI hingga ke Jl. Jenderal Gatot Subroto yakni di Gedung DPR.

Tak hanya berjalan kaki, massa tersebut juga ada yang menaiki kendaraan roda dua dan mobil komando dilengkapi peralatan pengeras suara.

Dalam aksi tersebut, situasi awal berjalan kondusif, namun situasi mulai memanas saat massa tidak bisa melewati pagar gedung DPR lantaran dipasang kawat berduri dan dihadang polisi.

Sehingga aksi saling dorong sempat terjadi antara buruh dan polisi. Bahkan beberapa polisi sampai terjatuh dan mengenai kawat berduri.

Kemudian, pada akhirnya aksi saling dorong terhenti karena petugas kepolisian berhasil mengendalikan situasi yang sempat ramai.

Setelah kejadian itu, hingga kini unjuk rasa masih berlangsung kondusif dan aman. Bahkan, para peserta memutarkan lagu yel-yel sebagai penyemangat dan jeda unjuk rasa.(ant/ra)