Untuk Kepulangan Jenazah Eril, Ini Perintah Jokowi ke Dubes dan Kemlu

Presiden Jokowi dalam keterangannya kepada awak media usai meresmikan Persemaian Rumpin di Bogor, Jawa Barat, Jumat (10/6/2022). (sumber: setpres)
Presiden Jokowi dalam keterangannya kepada awak media usai meresmikan Persemaian Rumpin di Bogor, Jawa Barat, Jumat (10/6/2022). (sumber: setpres)

Gemapos.ID (Jakarta) - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) telah menginstruksikan Kementerian Luar Negeri (Kemlu) dan Duta Besar RI untuk Swiss mendukung proses pemulangan jenazah Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, putra Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Hal tersebut disampaikan Presiden dalam keterangannya kepada awak media usai meresmikan Persemaian Rumpin di Bogor, Jawa Barat, Jumat (10/6/2022).

“Dua hari yang lalu saya sudah berkomunikasi dengan Pak Ridwan Kamil untuk menyampaikan duka cita yang mendalam,” kata Ptesiden.

“Saya sudah perintahkan kepada Kementerian Luar Negeri, pada Dubes, untuk secara maksimal membantu kepulangan jenazah (Eril, -red) dari Swiss ke Indonesia dan kita harapkan insyaallah segera bisa terlaksana pemulangan jenazahnya,” ungkapnya.

Sebelumnya, Jenazah putra Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril, telah ditemukan pada Rabu (8/6/2022) pagi di wilayah sungai Aare, Swiss.

Hal itu dikonfirmasi pihak berwenang Swiss setelah dilakukan pemeriksaan forensik dan tes DNA pada jenazah yang ditemukan di pintu air Engehalde, di Bern yang diduga Eril itu.

Selanjutnya, menurut pengakuan perwakilan keluarga Ridwan Kamil di Swiss, Elpi Nazmuzaman, pihaknya akan melakukan prosesi sesuai syariat islam kepada jenazah Eril.

Jenazah putra sulung Ridwan Kamil itu menurutnya akan dibawa pulang ke Indonesia secepatnya untuk dimakamkan oleh pihak keluarga. 

"Kami akan melakukan secepat-cepatnya. Harapan kami setidaknya tiba di Indonesia pada Sabtu atau hari Ahad (Minggu)," kata adik kandung Ridwan Kamil itu dalam konferensi pers yang difasilitasi KBRI Bern secara daring, Kamis (9/6/2022) malam WIB.

Emmeril Kahn Mumtadz diketahui hilang terseret arus saat berenang di Sungai Aare, Kota Bern, Swiss, pada Kamis, 26 Mei 2022 lalu. (rk)