Selasa Depan Ujian Masuk PTKIN, Berikut Berbagai Persiapan Mesti Dilakukan Peserta

Panitia nasional penerimaan mahasiswa baru Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) menyelenggarakan uji coba pelaksanaan ujian masuk (UM) secara daring.
Panitia nasional penerimaan mahasiswa baru Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) menyelenggarakan uji coba pelaksanaan ujian masuk (UM) secara daring.

Gemapos.ID (Jakarta) - Panitia nasional penerimaan mahasiswa baru Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) menyelenggarakan uji coba pelaksanaan ujian masuk (UM) secara daring. Jadi, peserta ujian ini bisa mengetahui gambaran aplikasi Sistem Seleksi Elektronik (SSE).

Uji coba UM PTKIN dengan aplikasi SSE berlangsung selama empat hari mulai 7-10 Juni 2022 guna menghadapi ujian ini pada 14-17 Juni 2022.

"Kami ingin peserta adaptif dengan aplikasi yang kami bangun, sehingga pelaksanaan ujian dapat berjalan maksimal," kata Ketua Panitia Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru PTKIN 2022 Imam Taufiq pada Selasa (7/6/2022).  

Peserta diminta mempersiapkan sejumlah hal sebelum mengikuti UM-PTKIN melalui SSE seperti wajib menggunakan perangkat mandiri seperti ponsel cerdas. 

Apabila peserta menggunakan laptop, netbook. atau notebook, personal computer (PC) desktop harus memiliki dan berfungsi secara baik webcam/kamera depan dan microphone.

Peserta wajib menyediakan koneksi internet memakai paket data dengan sinyal minimal 4 bar dan jaringan 3G/H+ atau yang lebih tinggi. Koneksi internet juga dapat menggunakan wifi yang terhubung dengan jaringan internet.

Peserta bisa melaksanakan UM-PTKIN melalui SSE di tempat tinggal masing-masing atau tempat yang terjangkau jaringan seluler minimal H+. 

Langkah ini dilakukan dengan mematuhi peraturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang ditetapkan oleh Pemerintah Daerah.

Peserta yang mengalami kendala dalam memperoleh jaringan seluler H+ di daerahnya wajib melaporkan ke helpdesk melalui laman https://sapa.um-ptkin.ac.id/

Langkah ini guna menjadwal ulang pelaksanaan UM-PTKIN melalui SSE paling lambat empat jam setelah ujian yang tercantum pada kartu peserta ujian.

Peserta wajib menjaga jarak radius minimal tiga meter selama ujian berlangsung. Peserta dilarang membuka browser, aplikasi meeting, aplikasi remote, atau terkoneksi dengan layar tambahan.

Peserta wajib mengikuti uji coba ujian UM-PTKIN sesuai sesi dan waktu yang tertera pada kartu peserta ujian. Selain itu wajib mengikuti ujian UM-PTKIN sesuai sesi dan waktu yang tertera pada kartu peserta ujian.

Tidak ketinggalan wajib menyesuaikan waktu pada perangkat ujian dengan waktu yang tertera pada laman https://umptkin.ac.id.

Peserta wajib melakukan instalasi Aplikasi Ujian SSE UM-PTKIN dan mengikuti tahapan kegiatan yang tertera pada kartu peserta ujian. Apabila peserta mengalami kendala teknis, peserta dapat menghubungi Helpdesk melalui laman https://sapa.um-ptkin.ac.id.

Alur ujian dan tata tertib ujian bisa dilihat pada kartu ujian masing-masing peserta, termasuk terkait tata cara instalasi aplikasi ujian SSE UM-PTKIN yang dapat diunduh pada laman https://um-ptkin.ac.id/home/aplikasi. (ant/adm)