Replika Mobil Formula E Tiba di Monas Untuk Pameran

Pameran mobil formula E di Monas
Pameran mobil formula E di Monas

Gemapos.ID (Jakarta) - Mobil balap listrik Formula E hari ini (2/6/2022) tiba di depan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, tatapi bukan untuk balapan namun hanya untuk pameran.

selain itu, mobil balap yang dipamerkan tersebut juga hanya replika, bukan yang asli. Tampak mobil itu digerakkan dengan cara didorong oleh tiga sampai empat orang.

Meski demikian, bagian dalam, depan, dan belakang mobil berwarna hitam dengan aksen biru langit itu sangat mirip dengan yang asli, sehingga 'membius' perhatian orang di sekeliling untuk sekadar melirik ataupun mengabadikan momen ketika mobil tersebut menjejak area Monas.

Kemudian terlihat di sampingnya, ada mobil keselamatan (safety car) buatan pabrikan asal Jerman, Porsche, model Taycan Turbo S.

Kedua mobil tersebut dipamerkan secara terbatas, dengan tamu yang datang sebagian besar merupakan tamu undangan.

Sebelumnya, kawasan Monumen Nasional (Monas) sempat digadang-gadang akan menjadi sirkuit balapan, jauh sebelum sirkuit saat ini di Ancol.

Diketahui, usai mengumumkan Monas sebagai lokasi sirkuit Formula E, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan lantas merevitalisasi kawasan Monas dengan menebang sejumlah pohon.

Namun Monas merupakan kawasan Cagar Budaya, sehingga rencana Pemprov DKI hingga menebang pohon tersebut akhirnya terganjal oleh perizinan.

Lokasi balapan pun memunculkan sejumlah opsi, ada di Kemayoran, Pantai Indah Kapuk, dan Ancol. Namun yang dipilih akhirnya adalah Ancol, karena di sana latarnya Jakarta International Stadium (JIS).

"Jadi nanti kalau pertandingan latarnya JIS, bukan kami yang meniatkan. Digusur, digusur, digusur, akhirnya di sini. Dan ketika di sini, akhirnya nanti yang jadi ikon Jakarta adalah JIS, alhamdulillah. Padahal dulu rencananya adalah Monas," demikian pernyataan Anies yang viral di media sosial dikutip pada hari ini (2/6/2022).(ant/ar)